Note

4 Saham Blue Chip Rajin Bagi Dividen, Patut Dilirik

· Views 37
4 Saham Blue Chip Rajin Bagi Dividen, Patut Dilirik
4 Saham Blue Chip Rajin Bagi Dividen, Patut Dilirik. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Sejumlah saham blue chip rajin bagi dividen dan menjadi incaran banyak investor. Saham-saham ini tercatat membagikan laba perusahaan lebih dari dua kali setahun. 

Dividen merupakan pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. Dividen menjadi salah satu keuntungan yang diperoleh investor dalam berinvestasi saham. Oleh karena itu, banyak investor yang memburu saham-saham yang tercatat rajin membagikan dividennya. 

Baca Juga:
4 Saham Blue Chip Rajin Bagi Dividen, Patut Dilirik Deretan Saham Blue Chip 2023 Indeks LQ45, Cocok untuk Investasi Jangka Panjang 

Berikut ini IDXChannel mengulas beberapa saham blue chip rajin bagi dividen yang bisa Anda cermati. 

Daftar Saham Blue Chip Rajin Bagi Dividen

Deretan saham yang tercatat rajin membagikan dividen dalam jumlah besar bisa Anda cermati dalam indeks saham IDX Dividend High 20. Indeks ini merupakan indeks saham yang berisi sejumlah emiten dengan dividend yield tinggi atau sering bagi-bagi dividen. Indeks ini mengukur kinerja dari 20 saham yang sering membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir. 

Baca Juga:
4 Saham Blue Chip Rajin Bagi Dividen, Patut Dilirik 5 Saham Blue Chip Termurah 2023

Dari 20 saham yang masuk daftar ini, berikut beberapa saham blue chip yang tercatat rajin bagi dividen dalam setahun. 

1. PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO)

Perusahaan tambang batu bara Adaro Energy Tbk (ADRO) merupakan salah satu saham blue chip rajin bagi dividen. Emiten milik Garibaldi Thohir ini rata-rata membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya sebanyak dua kali dalam setahun. 

Tahun ini, ADRO membagikan dividen sebanyak dua kali untuk tahun fiskal 2022. Dividen ini dibayarkan Juni 2023 lalu dengan nilai mencapai USD500 juta. Sebelumnya, perseroan juga mengumumkan dividen interim dengan jumlah yang sama pada 13 Januari 2023 saat total dividen tunai yang dibayarkan ADRO masih berjumlah USD1 miliar.

2. PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR)

Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR) juga diketahui rajin membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya. Emiten batu bara ini tercatat membagikan dividennya sebanyak 4 kali pada 2022 lalu. 

Besaran dividend yield emiten ini mencapai 46,87% atau Rp1.907,67 per saham pada 2022. Nilai tersebut mengacu pada nilai laba bersih yang diatribusikan kepada entitas induk yang totalnya mencapai USD197,56 juta.

Untuk tahun ini, BSSR membagikan dividen final tahun buku 2022 senilai total USD60 juta atau setara Rp893,28 miliar (kurs Rp14.888 per USD). Pemegang saham memperoleh sebesar USD0,02 per saham atau Rp341,4 per saham. Dividen ini dibayarkan ke investor Juni 2023 lalu. 

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.