Note

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Beroperasi 1 Oktober 2023, Perdana 8 Perjalanan

· Views 53
Menhub Budi Karya Sumadi kembali melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pada Sabtua (2/9/2023). (Foto: dok Kemenhub)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) resmi beroperasi pada 1 Oktober 2023. Pada pengoperasian perdana, tersedia 8 perjalanan KCJB. 

Menhub mengatakan, pengoperasian KCJB akan ditingkatkan setiap bulan, mulai Oktober 2023 hingga Januari 2024, dan akan disesuaikan dengan jumlah penumpang. 

Pada November 2023 atau sebulan beroperasi, jumlah perjalanan KCJB akan ditingkatkan menjadi 27 perjalanan. 
"Lalu pada Desember 2023 tersedia 40 perjalanan KCJB, dan Januari 2024 mencapai 68 perjalanan KCJB," kata Budi Karya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/9/2022). 

Menhub menyebut serangkaian uji coba KCJB terus dilakukan menjelang operasional perdana pada 1 Oktober 2023. Pada Sabtu (2/9/2023), Menhub juga mengikuti uji coba KCJB.

“Kami bersama KCIC terus berupaya melakukan penyempurnaan dengan melakukan serangkaian uji coba. Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar dengan hasil yang baik, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada bulan Oktober 2023,” ujar Menhub.

Selain mencoba kereta cepat, Menhub juga mencoba feeder yang menghubungkan Stasiun Padalarang dengan Stasiun Bandung. Menhub memastikan integrasi antara kereta cepat dengan moda transportasi lainnya sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan akses.

Sejumlah pembangunan tengah dilakukan untuk mengoptimalkan perjalanan kereta feeder. Secara keseluruhan akan ada pembangunan Skybridge di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung, serta pembangunan Flyover Ciroyom dan Pusdikpom. Semuanya ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini.

Selain kereta feeder, terdapat pula sejumlah akses penghubung dari dan ke Stasiun Padalarang. Diantaranya adalah BTS Trans Metro Pasundan Rute Alun-Alun KBP, Bus Damri Rute Alun–Alun Bandung–Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta Rute usulan Stasiun Padalarang–Lembang oleh KBB.

Selain itu, angkutan perkotaan (angkot) Rute Padalarang-Rajamandala, Rute Padalarang–Cimahi–Leuwipanjang, dan rute Padalarang-Cimahi.

Dalam uji coba ini, diawali dengan peninjauan kesiapan Stasiun Kereta Cepat Halim. Kemudian, Menhub melakukan perjalanan kereta cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang. Perjalanan berjalan mulus, waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan kecepatan tertinggi hingga 352 km/jam.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki KA Feeder Kereta Cepat dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung. Perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung menempuh waktu perjalanan selama 20 menit. Dengan begitu, dari Jakarta menuju pusat kota Bandung menempuh waktu sekitar 50 menit saja.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.