Note

AP II Pastikan Kesiapan Bandara Soetta Untuk KTT ASEAN

· Views 65

Pasardana.id - Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Acara tersebut akan berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023. 

Terkait hal tersebut, PT Angkasa Pura II mempersiapkan Bandara Soekarno-Hatta untuk menyambut kedatangan para kepala negara dan tamu negara yang bakal hadir di acara tersebut

 “Aspek keamanan, keselamatan, dan pelayanan menjadi fokus dalam menyambut para kepala negara, kepala organisasi internasional dan delegasi,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (31/8). 

Kepala negara anggota ASEAN dan negara mitra dijadwalkan tiba melalui Bandara Soekarno-Hatta mulai 4 September 2023. 

Bandara Soekarno-Hatta juga akan menyambut kedatangan Pemimpin organisasi internasional antara lain dari East Asia Summit (EAS), Pacific Island Forum (PIF), Indian Ocean Rim Association (IORA), serta Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF), dan Bank Dunia.

"Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan tiga titik kedatangan yaity di Terminal VIP untuk para kepala negara, serta Commercial Important Person (CIP) Lounge m, dan Terminal 3,” ujar Awaluddin. 

Awaluddin menuturkan AP II telah berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, serta Karantina. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kedatangan internasional di Terminal VIP dan CIP Lounge berjalan lancar serta sesuai regulasi. 

"Koordinasi juga dilakukan dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri serta Kementerian BUMN untuk memastikan kelancaran kedatangan para tamu negara. Kami juga berterima kasih kepada TNI dan Polri atas dukungan dalam aspek keamanan," jelas Awaluddin. 

Dia memastikan, Terminal VIP dan CIP Lounge juga sudah dilakukan peningkatan fasilitas dan beautifikasi. Hal tersebut dilakukan untuk lebih menampilkan kebudayaan Indonesia. 

Direktur Operasi AP II Wendo Asrul Rose mengatakan Bandara Soekarno-Hatta telah menetapkan rencana operasi pada 4-7 September untuk memastikan penerbangan kenegaraan dan penerbangan reguler dapat berjalan dengan baik. Wendo mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta tetap beroperasi penuh untuk melayani berbagai penerbangan. 

“Dimana nanti akan dilakukan penyesuaian ketika ada penerbangan kenegaraan yang datang atau berangkat,” ujar Wendo. 

Wendo menuturkan, nantinya dijadwalkan sebanyak 15 pesawat kenegaraan yang menginap di Bandara Soekarno-Hatta. Tak hanya itu, pesawat yang menginap juga ada di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. 

“Mayoritas pesawat yang menginap adalah pesawat berbadan lebar atau wide body. Kami telah melakukan simulasi dan menetapkan rencana operasi, sehingga apron atau lokasi parkir pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dapat mengakomodir pesawat-pesawat itu dan tidak mengganggu pergerakan pesawat reguler yang melayani penerbangan berjadwal,” jelas Wendo. 

 

 

 

 

 

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.