Note

1 Lot Berapa Lembar?

· Views 63

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham adalah salah satu instrumen investasi yang banyak diminati. Ketika seseorang atau entitas ingin membeli saham perusahaan di pasar modal, maka harus membelinya minimal 1 lot. Lantas, muncul pertanyaan 1 lot berapa lembar saham? 

Jumlah lembar saham dalam 1 lot dapat bervariasi tergantung pada peraturan dan ketentuan yang berlaku di bursa saham tempat saham tersebut diperdagangkan.

Lot sendiri merupakan satuan perdagangan yang digunakan oleh pihak bursa. Di Indonesia, berdasarkan aturan Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah lembar dalam 1 lot adalah 100 lembar saham. 

Baca juga: Gantikan Pertalite, Pertamina Usul Pertamax Green 92 Disubsidi

Dengan kata lain, 1 lot saham sama dengan 100 lembar saham. Artinya, jika harga saham perusahaan A adalah Rp 100 per lembar, maka investor harus menyiapkan dana minimal Rp 100.000 untuk membeli saham tersebut.

Aturan mengenai jumlah lembar saham dalam 1 lot sebelumnya pernah mengalami perubahan.

Semula, di pasar modal Indonesia, 1 lot sama dengan 500 lembar saham. Perubahaan jumlah lembar saham dalam 1 lot menjadi 100 lembar terjadi pada 1 Januari 2014 lalu.

Jumlah lembar saham dalam 1 lot diperkecil dengan alasan agar pasar modal Indonesia menjadi lebih likuid. Dengan jumlah lot yang kian kecil, harapannya investor ritel juga bisa berinvestasi di pasar modal.

Baca juga: IHSG Diprediksi Menguat, Simak Analisis dan Rekomendasi Saham Hari Ini

Tips investasi saham bagi pemula

Dilansir dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, berikut adalah beberapa tips investasi saham bagi pemula. 

1. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli saham

Waktu yang tepat untuk membeli saham sebenarnya bisa dilihat dari dua hal, yaitu berdasarkan analisis fundamental dan teknikal.

Analisis fundamental mengacu pada analisa melalui pendekatan kondisi ekonomi, politik, atau bahkan melihat tren perkembangan usaha yang ada. Analisis ini salah satunya bisa dilihat dari laporan keuangan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.