Note

Kudeta di Gabon, Junta Militer Tetapkan Presiden Ali Bongo Jadi Tahanan Rumah

· Views 38
Presiden Gabon Ali Bongo menjadi tahanan rumah (Foto: Reuters)

LIBREVILLE, iNews.id - Junta militer Gabon mengumumkan Presiden Ali Bongo berada dalam tahanan rumah. Milter baru menahan Bongo usai melakukan kudeta presiden yang baru saja terpilih.

Pengumuman ini sangat mengejutkan bagi banyak warga Gabon. Militer mengklaim telah mengambil alih kendali atas pemerintahan dan menahan Presiden Bongo di bawah tahanan rumah, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (30/8/2023).

Keadaan politik di Gabon telah menjadi perhatian internasional, dengan banyak negara mengutuk kudeta ini. Prancis juga mendesak pemulihan kestabilan negara secara damai. 

Reaksi internasional terhadap situasi ini dipantau dengan ketat karena Gabon produsen minyak terkemuka di Afrika dan memiliki pengaruh ekonomi yang signifikan di kawasan tersebut.

Kudeta tersebut menjadi yang kedelapan di Afrika Barat dan Tengah sejak 2020. Pada Juli lalu, militer menggulingkan kepemimpinan di Niger. Perwira militer juga menggulingkan kekuasaan di Mali, Guinea, Burkina Faso, dan Chad.

Organisasi regional dan internasional telah mulai mengadakan pembicaraan darurat untuk membahas krisis ini dan mengupayakan solusi damai.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.