Note

USD/JPY terus bergerak naik turun

· Views 54

USD/JPY terus bergerak naik turun

Pagi ini, pasangan dolar/yen secara aktif pulih dari penurunan tajam kemarin. Pada hari Selasa, pasangan ini anjlok dari level tertinggi 147.375 sebagai respons terhadap data ekonomi yang mengejutkan dari AS. Mari kita telusuri apa yang melemahkan nilai tukar dan prospeknya lebih lanjut.

USD hancur akibat kenyataan pahit

Hingga kemarin, dolar yang naik yakin bahwa perekonomian AS berjalan dengan baik. Hal ini memberikan harapan untuk kenaikan suku bunga lagi tahun ini, terutama sejak Ketua Federal Reserve menyebutkan kemungkinan tersebut pada Jumat lalu.

Pada simposium ekonomi di Jackson Hole, Jerome Powell menyatakan bahwa regulator mungkin memerlukan pengetatan lebih lanjut untuk menyelesaikan perjuangan melawan inflasi.

Retorika hawkish mendukung mata uang Amerika di semua sisi, dengan pasangan USD/JPY yang paling diuntungkan.

Selasa ini, yen jatuh terhadap greenback ke level terendah 10 bulan di 147,375. Komentar dovish Gubernur BOJ baru-baru ini juga menekan mata uang Jepang.

Berbicara di forum ekonomi di Jackson Hole, Kazuo Ueda menarik perhatian pada inflasi inti yang masih rendah di Jepang, membenarkan niatnya untuk melanjutkan kebijakan ultra-longgar di masa depan.

Dengan demikian, perbedaan moneter antara AS dan Jepang sekali lagi menjadi kekuatan pendorong utama bagi pasangan USD/JPY. Namun, kepercayaan trader terhadap penguatan lebih lanjut terguncang kemarin.

Data makroekonomi yang dirilis awal pekan ini menunjukkan tidak semuanya berjalan mulus di AS. Perekonomian AS mulai melemah akibat kebijakan hawkish yang berkepanjangan, yang mungkin mendorong The Fed untuk melakukan pelonggaran moneter lebih awal dari perkiraan pasar.

Jumat lalu, kepala bank sentral Amerika berjanji untuk melanjutkan pertemuan FOMC dengan hati-hati dan menekankan bahwa data yang masuk akan menjadi panduan utama regulator dalam pengambilan keputusan.

Rilis data ekonomi kemarin ternyata sangat mengecewakan. Pada bulan Agustus, Indeks Keyakinan Konsumen Conference Board, yang mencerminkan kepercayaan masyarakat Amerika terhadap stabilitas perekonomian negara, turun menjadi 106,10 dari nilai sebelumnya sebesar 114,00, dibandingkan ekspektasi pasar sebesar 116,0.

Namun, guncangan terbesar bagi kenaikan dolar terjadi setelah publikasi laporan JOLTS mengenai jumlah lowongan pekerjaan di pasar tenaga kerja AS. Pada bulan Juli, indikator tersebut tidak mencapai konsensus pasar, yang memperkirakan kenaikan menjadi 9,465 juta dan hanya berjumlah 8,827 juta. Ini merupakan level terendah sejak Maret 2021.

Dalam konteks data yang pesimistis ini, para trader merevisi perkiraan mereka mengenai putaran pengetatan tambahan di AS tahun ini.

Saat ini, pasar berjangka menilai kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan November sebesar 47% meskipun baru-baru ini berada di angka 62% pada hari Senin.

Melemahnya sentimen hawkish di kalangan investor menyebabkan penurunan tajam imbal hasil Treasury AS di seluruh kurva. Kemarin, imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 2 tahun anjlok sebesar 18 basis poin menjadi 4,871%, sedangkan imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun turun ke level terendah yang belum pernah terjadi sejak 11 Agustus, yaitu sebesar 4,106%.

Penurunan indikator-indikator ini memicu penurunan tajam pada pasangan USD/JPY. Pasangan ini menutup sesi pada hari Selasa di 145,84, turun hampir 0,5% untuk hari itu.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
USD/JPY terus bergerak naik turun

Tekanan tambahan pada nilai tukar juga datang dari meningkatnya spekulasi pasar mengenai kemungkinan perubahan arah kebijakan moneter BOJ, menyusul komentar hawkish pejabat Jepang baru-baru ini.

Pada hari Senin, Tsutomu Watanabe, mantan calon Gubernur Bank Sentral Jepang, menuduh BOJ meremehkan inflasi. Menurut dia, regulator menyembunyikan keadaan sebenarnya agar tidak memberikan harapan kepada investor terkait normalisasi kebijakan moneter.

Pernyataan tak terduga dibuat minggu ini oleh pemimpin Bank of Japan, Naoki Tamura. Berbicara di hadapan para pemimpin bisnis lokal di Hokkaido, pejabat tersebut menyarankan agar bank sentral dapat mencapai tujuan yang telah lama ditunggu-tunggu yaitu menjaga tingkat inflasi stabil sebesar 2% pada awal tahun depan.

Hal ini akan menandai dimulainya era moneter baru di Jepang. Tamura memperkirakan BOJ akan mulai menaikkan suku bunga pada kuartal pertama tahun 2024.

Skenario seperti ini sangat menguntungkan bagi mata uang Jepang dan dapat menyebabkan penurunan signifikan pada pasangan dolar/yen dari level saat ini.

Prospek jangka pendek untuk USD/JPY

Pagi ini, dolar AS mulai terkoreksi naik terhadap yen. Pada saat berita ini ditulis, menguat sebesar 0,28% ke level 146,32.

Dalam beberapa hari mendatang, para analis memperkirakan peningkatan volatilitas pada pasangan USD/JPY, karena para trader mengantisipasi kalender ekonomi yang cukup sibuk.

Hari ini, perhatian investor akan tertuju pada laporan ketenagakerjaan ADP di sektor non-pertanian AS, serta data final PDB AS kuartal kedua.

Besok, pemicu utamanya adalah publikasi Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE), yang digunakan oleh The Fed sebagai indikator inflasi utama. Hari Jumat akan menjadi puncaknya dengan dirilisnya laporan ketenagakerjaan Nonfarm Payrolls bulanan.

Mempertimbangkan reaksi pasar yang kuat terhadap data sekunder seperti laporan JOLTS dan Indeks Keyakinan Konsumen CB, para ahli mengantisipasi bahwa pasangan mata uang utama USD dapat mengalami gejolak yang lebih besar pada akhir minggu ini, karena NFP adalah salah satu indikator makroekonomi paling penting bagi AS. .

Ahli strategi mata uang Matt Simpson memperingatkan bahwa hari Jumat akan menjadi hari tersibuk dalam seminggu, namun investor juga harus bersiap menghadapi volatilitas yang kuat pada hari Rabu dan Kamis.

Pada tahap ini, penurunan USD dapat menggunakan data apa pun yang mengonfirmasi laporan JOLTS yang mengindikasikan adanya keretakan dalam perekonomian Amerika.

Jika pasar menerima data yang suram dalam waktu dekat, dolar akan terus melemah secara keseluruhan, termasuk terhadap yen Jepang. Sebaliknya, kita mungkin melihat pemulihan greenback yang meyakinkan ke level tertinggi baru-baru ini.

Secara teknis, pasangan dolar/yen terlihat cukup menjanjikan saat ini, meskipun terjadi penurunan harga baru-baru ini. Analisis grafik harian menunjukkan bahwa perkiraan jangka pendek untuk pasangan ini optimis.

Relative Strength Index (RSI) berada di atas garis rata-rata dan menunjukkan tren naik. Indikator MACD menunjukkan bar hijau yang mengindikasikan potensi penguatan momentum bullish.

Selain itu, pasangan ini masih bertahan di atas rata-rata pergerakan sederhana 20, 100, dan 200 hari. Hal ini menunjukkan bahwa pembeli tetap memegang kendali dalam skala yang lebih luas.

Kemungkinan besar, kenaikan akan berhasil mempertahankan keunggulannya dalam jangka pendek. Penjual akan mengambil kendali hanya jika aset menembus garis support naik 3 minggu di sekitar 145.55.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.