Note

Siapa Pemilik Saham Mayoritas AHM, Dikuasai Astra atau Honda Jepang?

· Views 70

KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) tengah jadi bulan-bulanan kritik publik Tanah Air sejak beberapa terakhir. Ini setelah merebak isu rangka motor pabrikannya yang mudah keropos dan patah.

Sebagai informasi saja, AHM sendiri merupakan produsen sekaligus Agen Pemegang Tunggal Merek (APTM) sepeda motor Honda di Indonesia. Bahkan perusahaan ini merupakan pabrikan kendaraan roda dua terbesar di Indonesia dari sisi pangsa pasar.

Isu soal rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) memang ramai di media sosial. Dalam banyak narasi yang bereadar, rangka depan motor produksi Honda keluaran terbaru mengalami patah, bengkok, keropos, hingga berkarat.

Rangka eSAF merupakan desain struktur bagian depan dekat kemudi yang terhubung dengan dudukan pengendara pada sepeda motor. Rangka eSAF Honda diperkenalkan pada 2019.

Baca juga: Astra Bantah Recall Motor Honda gara-gara Isu eSAF Gampang Keropos

Kala itu rangka eSAF pertama kali digunakan pada skutik Honda Genio. AHM mengklaim rangka eSAF ini memiliki sejumlah keunggulan terutama dari sisi bobot yang lebih ringan sehingga konsumsi BBM juga diklaim jauh lebih irit.

Siapa pengendali saham AHM?

Mengutip laman resminya, AHM merupakan perusahaan patungan antara Astra Internasional dan Honda Motor yang berbasis di Jepang. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1971.

Awalnya, AHM bernama PT Federal Motor yang kala itu hanya melakukan perakitan komponen yang diimpor dari Jepang dalam bentukk CKD (completely knock down).

Namun pada tahun 2001, PT Federal Motor dan beberapa anak usahanya dimerger menjadi satu menjadi PT Astra Honda Motor sampai sekarang. Fasilitas produksi terbesarnya berada di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Khrushchyovka, Cara Uni Soviet Sediakan Rumah Murah bagi Warganya

Astra Internasional sendiri merupakan konglomerasi bisnis otomotif terbesar di Indonesia. Perusahaan ini juga sudah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 1990 dengan kode emiten ASII.

Sementara merujuk pada Keterbukaan Informasi BEI yang disampaikan Astra Internasional, pemegang saham pada AHM masing-masing dibagi separuh, yakni 50 persen milik Astra Internasional dan 50 persen digenggam Honda Motor Co., Ltd.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.