Note

Terungkap! Ada Perjanjian 'Rahasia' Vale Canada-Sumitomo

· Views 44
Terungkap! Ada Perjanjian 'Rahasia' Vale Canada-Sumitomo
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengungkap, adanya perjanjian pemegang saham PT Vale Indonesia Tbk yakni antara Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining (SMM). Perjanjian tersebut yakni block voting agreement yang membuat Sumitomo akan mengikuti semua keputusan Vale Canada.

"Kami mencatat bahwa struktur kepemilikan sahamnya itu juga ada perjanjian lain berupa block voting agreement yang mengikat antara Vale SA dan Sumitomo Metal sehingga Vale dengan mudah melakukan konsolidasi, dan memaksa Sumitomo akan mengikuti apapun keputusan yang Vale tentukan," katanya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Wakil Ketua Komisi VII Bambang Haryadi mempertanyakan perjanjian tersebut. Dia mengatakan, pihaknya mencurigai meski ada divestasi saham, perusahaan-perusahaan tersebut masih bisa memonopoli keputusan.

Hal itu pun dibenarkan Hendi. Dia bilang, pihaknya ingin perjanjian tersebut diamandemen ketika menambah saham PT Vale Indonesia.

"Betul pak. Jadi memang sebagai syarat yang kami ajukan untuk bisa melakukan program investasi lanjutan bahwa perjanjian pemegang saham yang ada sekarang harus diamandemen pak, dibongkar dulu," katanya.

Hendi menekankan, pihaknya mengajukan amandemen perjanjian sebagai syarat untuk melanjutkan investasi di Vale Indonesia.

"Karena kalau tidak, pihak pemegang saham lainnya ini sudah terikat dalam block voting agreement. Jadi memang kami ajukan sebagai syarat mendasar bilamana kita akan ikut investasi lanjutan, ini harus dibongkar dulu, harus diamandemen dulu," terangnya.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.