Note

Survei Populix: E-commerce Masih Jadi Pilihan untuk Belanja Elektronik, Rumah Tangga dan Kesehatan

· Views 54

JAKARTA, KOMPAS.com - Populix salah satu perusahaan riset memotret perilaku dan motivasi masyarakat Indonesia dalam membeli barang melalui platform e-commerce, serta alasan dalam memilih brand e-commerce yang digunakan.

Dalam studi yang bertajuk “Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Membeli Produk Elektronik, Rumah Tangga, dan Kesehatan Melalui E-commerce” mencatat, mayoritas masyarakat lebih memilih platform e-commerce untuk berbelanja produk elektronik, rumah tangga dan kesehatan dengan persentase 82 persen.

Kemudian disusul oleh platform media sosial sebanyak 13 persen dan toko offline sebanyak 6 persen.

"E-commerce masih tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalan berbelanja barang elektronik, rumah tangga dan kesehatan," ujar Head of Research Populix Indah Tanip dalam jumpa pers virtual, Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Aturan Dipisah, Persaingan Social Commerce dan E-commerce Dinilai Akan Lebih Adil

Indah menjelaskan, berdasarkan survei tersebut alasan mayoritas masyarakat memilih belanja di e-commerce karena  lebih hemat waktu dan tenaga, ada gratis ongkos kirim, harga lebih murah dibandingkan toko offline, ada potongan harga dan mudah membandingkan harga.

Anggaran yang dikeluarkan untuk berbelanja di e-commerce pun lebih tinggi dibandingkan dengan belanja di media sosial, tetapi masih cenderung di bawah anggaran ketika membeli barang dengan mengunjungi toko secara langsung, khususnya untuk kategori produk elektronik.

Adapun tiga brand e-commerce yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam membeli produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan meliputi Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

"Dari ketiga platform ini Tokopedia menjadi e-commerce dengan tingkat konversi tertinggi dalam hal retensi pembelian dibandingkan e-commerce lainnya," ungkap dia.

Kategori Elektronik

Berfokus pada produk elektronik saja, survei menunjukkan bahwa dalam satu bulan terakhir, platform e-commerce yang paling banyak digunakan responden adalah Tokopedia (58 persen), disusul Shopee (47 persen) dan Lazada (14 persen).

Pada kategori ini, konsumen terlihat lebih puas menggunakan Tokopedia dengan skor rating 4.2, jika dibandingkan dengan pengguna Shopee yang memiliki tingkat kepuasan 4.1 dan Lazada sebesar 3.9.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.