Note

IHSG Diprediksi Sulit Tembus 7.000, Tertekan Sentimen Mogok Buruh di Australia

· Views 37
IHSG Diprediksi Sulit Tembus 7.000, Tertekan Sentimen Mogok Buruh di Australia
IHSG Diprediksi Sulit Tembus 7.000, Tertekan Sentimen Mogok Buruh di Australia. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada minggu lalu menguat tipis sebesar 0,52% tertopang sektor basic materials yang menguat sebesar 5,45% disusul sektor transport & logistics 3,32% dan sektor energy 1,60%.

Sementara itu sektor yang menahan laju IHSG yakni sektor technology sebesar -2,63%, properties & real estate -1.06 dan sektor financials -0,56%.

Baca Juga:
IHSG Diprediksi Sulit Tembus 7.000, Tertekan Sentimen Mogok Buruh di Australia Momentum di Tengah Stagnasi IHSG dan Kekhawatiran Suku Bunga Fed

Community Lead IPOT, Angga Septianus menjelaskan IHSG masih saja belum bergerak breakout dari 6.950 sampai level 7.000, di resistance langsung reject lagi dan sempat mendekati area 6.850.

“Minggu lalu ada sektor basic materials yang mengalami kenaikan signifikan, terutama saham-saham yang terkait dengan EBT, ternyata karena ada sentimen terkait bursa karbon," tegasnya dalam analisis yang dipublikasi, Senin (28/8/2023).

Baca Juga:
IHSG Diprediksi Sulit Tembus 7.000, Tertekan Sentimen Mogok Buruh di Australia IHSG Sesi I Ditutup Naik 0,27 Persen, Tiga Saham Ini Melesat

Ia menyampaikan ada 3 sentimen utama pada minggu lalu yang memengaruhi market yakni suku bunga BI, pertemuan otoritas moneter dunia Jackson Hole Symposium dan bursa karbon Indonesia.

Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada level 5,75% dengan Suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50%.

Baca Juga:
IHSG Diprediksi Sulit Tembus 7.000, Tertekan Sentimen Mogok Buruh di Australia IHSG Awal Pekan Menguat ke 6.909 Ditopang Sektor Energi 

“Ke depan BI memperkirakan stabilitas nilai tukar rupiah akan tetap terjaga sejalan dengan perspektif positif investor terhadap prospek perekonomian indonesia, inflasi yang rendah, pertumbuhan ekonomi yang tinggi, serta imbal hasil aset keuangan domestik yang tetap menarik," tegasnya.

Terkait Jackson Hole Symposium, menurutnya, ini menjadi penting karena dianggap sebagai salah satu event para bank sentral memberikan bocoran terkait kebijakan moneternya ke depan.

Jerome Powell diprediksi oleh mayoritas pelaku pasar akan tetap mempertahankan tone hawkishnya pada pidato di Jackson Hole nanti.  

Sementara itu terkait bursa karbon Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan Peraturan OJK Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perdagangan Karbon melalui Bursa Karbon (POJK Bursa Karbon).

"Diharapkan kebijakan ini bisa mengurangi efek gas rumah kaca dan polusi. Emiten yang diuntungkan seperti BRPT, PGEO, KEEN, dan ARKO," jelasnya.

Angga menjelaskan ada 3 sentimen dalam minggu ini hingga 1 September 2023 yang wajib diperhatikan para trader, yakni mogok buruh di Westwood, Australia, PMI Indonesia dan inflasi Indonesia.

"Rencana aksi mogok di pusat pengolahan gas alam cair (LNG) terbesar kedua di Australia memaksa Uni Eropa memutar otak untuk mengendalikan pasokan dan inflasi,” kata Angga.

“Aktivism para pekerja di instalasi milik Chevron itu berbarengan dengan negosiasi alot perihal kenaikan upah di instalasi LNG lain milik Woodside Energy Group Ltd. Fasilitas-fasilitas ini mewakili 10% total nilai ekspor LNG global,” imbuhnya.

Terkait PMI Indonesia, jelasnya, masih dalam tren ekspansif di atas angka 50. Kepercayaan dunia bisnis diprediksi sedikit melandai meskipun perusahaan melihat ada perbaikan dari sisi permintaan. Melandainya kepercayaan menunjukkan masih adanya sedikit kekhawatiran terkait outlook ke depan.

Sementara itu terkait inflasi Indonesia, Bank Indonesia meyakini inflasi tetap terkendali dalam kisaran 3,0±1% pada sisa tahun 2023 dan 2,5±1% pada 2024.

Berikut rekomendasi saham pilihan untuk minggu ini hingga 1 September 2023 mendatang.
Buy MDKA (Support: 3.140, Resistance: 3.410),

Buy BRPT (Support: 970, Resistance: 1.200),

Buy TLKM (Support: 3.650, Resistance: 3.940),

Buy on Pullback BSDE (Support: 1.045, Resistance: 1.180)

Buy on Pullback SMRA (Support: 610, Resistance: 690).

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.