Note

ANALIS MARKET (28/8/2023) : IHSG Diproyeksi Bergerak Konsolidasi dan Cenderung Sideways

· Views 46

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, Pasar Asia juga akan mendapatkan kesempatan pertama mereka pada hari Senin (28/8) ini, untuk bereaksi terhadap pidato para pengambil kebijakan global paling berpengaruh di dunia pada simposium Jackson Hole pada hari Jumat lalu; di mana Jerome Powell (Fed Chairman), Christine Lagarde (ECB President), dan Kazuo Ueda (Gubernur bank sentral Jepang) mengutarakan kebijakan moneter mereka masing-masing. Powell memberi sinyal bahwa trend naik suku bunga AS masih akan berlanjut untuk memerangi Inflasi sampai ke level Target mereka di 2%.

Sebagai imbasnya, wajar terjadi perlambatan ekonomi serta melemahnya kondisi pasar tenaga kerja. Imbal hasil Treasury sontak melonjak sebagai antisipasi rezim suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama, dengan imbal hasil US Treasury 2-tahun sempat naik mendekati siklus tertinggi di 5.12%.

Saham Teknologi sempat mendapat tekanan dari kenaikan imbal hasil Treasury, yang membuat sektor growth stock dengan valuasi lebih tinggi menjadi kurang menarik.

Namun demikian, Nasdaq berhasil memimpin penguatan pada perdagangan hari Jumat lalu dengan menanjak naik 0.9% ; sementara DJI dan S&P500 masing-masing menguat 0.7%.

In overall, Dow mencatatkan penurunan selama 2 minggu berturut-turut. Harga  =  minyak mentah dunia naik untuk kedua kalinya pada perdagangan Jumat (25/08/23) namun belum berhasil untuk menutup pekan lalu di teritori positif ; mengakibatkan harga Crude Oil masih di zona negatif untuk 2 minggu berturut-turut di tengah sinyal Federal Reserve belum usai dengan trend naik suku bunga demi mengendalikan Inflasi AS.

WTI ditutup di harga USD 80.05 / barrel pada pekan lalu, turun 1.7% secara mingguan menyusul pelemahan 2.3% di minggu sebelumnya.

Namun sebelum itu, Crude Oil naik 7 minggu berturut-turut yang mendongkrak harga WTI hampir 20%.

Pekan ini, harga minyak mentah dunia akan menghadapi tantangan & berpotensi bergerak semakin volatil seiring dirilisnya data makro-ekonomi terkait angka ketenagakerjaan AS, sementara pasar juga menghadapi ketidakpastian dari ekonomi lemah di China ditambah sentimen bullish yang telah memudar dari rencana pemangkaan produksi OPEC+.

Prospek naik suku bunga The Fed juga semakin membuat harga Emas global semakin lesu, walau saat ini masih cukup stabil di sekitar USD 1943.3 / ounce.

Sementara itu, menimbang posisi penutupan IHSG pekan lalu yang secara teknikal masih relatif aman di atas Support MA10 & MA20, analis NH Korindo Sekuritas memperkirakan konsolidasi Sideways ini akan segera mendapatkan jawabannya, ke mana IHSG memilih untuk break out.

Para investor / trader disarankan untuk Average Up di atas Resistance 6925, and buy more jika mampu menembus level Resitance kritikal 6950-6970.

“IHSG diproyeksi bergerak Konsolidasi dan cenderung Sideways,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset Senin (28/8).

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.