Note

Ukur Skor Kredit, Apakah BI Checking Sama dengan SLIK OJK?

· Views 80

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengecek skor kredit, masyarakat dapat memanfaatkan Sistem Layanan Informasi Keuangan yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Fasilitas ini sering disebut SLIK OJK.

Namun demikian, sampai sekarang masyarakat masih kerap menyimpan pertanyaan, apa perbedaan antara SLIK OJK dan BI Checking?

Yang perlu diketahui, SLIK OJK semula bernama BI Checking atau juga disebut Sistem Informasi Debitor (SID).

Baca juga: Cara Cek Skor Kredit dengan SLIK OJK secara Online dan Offline

Namun, per 1 Januari 2018, istilah BI Checking berganti menjadi SLIK OJK.

Dilansir dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, SLIK OJK bertujuan untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan.

Salah dari tugas itu berupa penyediaan informasi debitur (iDeb). Di dalamnya terdapat informasi kelancaran kredit atau pembiayaan debitor.

SLIK memperluas cakupan iDeb yaitu melingkupi lembaga keuangan bank dan lembaga pembiayaan (finance) dan juga ke lembaga keuangan non-bank yang mempunyai akses data debitur dan kewajiban melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur (SID).

Selain itu, SLIK juga dipakai untuk melaporkan, fasilitas penyediaan dana, data agunan, dan data terkait lainnya dari berbagai jenis lembaga keuangan, masyarakat, Lembaga Pengelolaan Informasi Perkreditan (LPIP) dan pihak lainnya.

Penting dicatat, baik individu atau badan usaha, yang menggunakan layanan SLIK tidak dipungut biaya apapun, alias gratis.

OJK mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap pihak yang menawarkan pengecekan jasa cek SLIK.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.