Note

Cegah Perdagangan Orang, Italia Minta Uni Eropa Longgarkan Aturan Imigrasi

· Views 37
Presiden Italia Sergio Mattarella minta Uni Eropa melonggarkan aturan imigrasi (Foto: Reuters)

ROMA, iNews.id - Italia meminta Uni Eropa melonggarkan aturan imigrasi untuk mencegah perdagangan orang yang menyebabkan ratusan orang tewas saat perjalanan di laut. Penyeberangan imigran ilegal tahun ini mencapai 106.000 orang.

Presiden Italia Sergio Mattarella sudah menyampaikan langsung usulan tersebut. Aturan imigrasi harus dilonggarkan untuk menyelamatkan banyak nyawa.

"Fenomena migrasi harus diatasi apa adanya: pergerakan global, yang tidak dapat dihapus oleh tembok atau hambatan," kata Mattarella seperti dikutip Reuters, Sabtu (26/8/2023).

Menurutnya, Uni Eropa bisa memberikan kuota cukup dan teratur kepada negara-negara Afrika dan Timur Tengah yang berimigrasi. Aturan yang kaku dinilai hanya mengorbankan banyak nyawa karena marak perdagangan orang.

"Kuota yang teratur, berkelanjutan, dan cukup tinggi adalah satu-satunya cara untuk memberantas perdagangan manusia," katanya.

Italia sudah melonggarkan aturan dengan meningkatkan kuota masuk bagi pekerja migran non-Uni Eropa menjadi 452.000 untuk tahun 2023-2025. Namun, tingkat tersebut masih di bawah permintaan 833.000 yang diajukan oleh perusahaan dan serikat pekerja.

Presiden Italia, yang sebagai kepala negara adalah sosok non-partisan, mengatakan tindakan perlu diambil di tingkat Uni Eropa. Migrasi telah lama menjadi isu politik yang sensitif di dalam blok tersebut, menghambat keputusan bersama oleh 27 negara anggotanya.

Dalam pidatonya, Mattarella mengatakan bahwa dia menyimpan di kantornya gambar seorang remaja korban karamnya kapal pengungsi yang membawa laporan sekolah yang dijahit di jaketnya, menunjukkan bahwa dia ingin datang ke Eropa untuk belajar.

"Gambar ini mengingatkan saya bahwa, di balik angka dan persentase migrasi yang sering kita sebutkan, ada banyak individu, masing-masing dengan kisah, proyek, impian, masa depan mereka sendiri," katanya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.