Note

Tantangan Global Makin Kompleks, Mendag Zulhas Minta G20 Perjuangkan Ekonomi Anggota

· Views 61

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, negara-negara anggota Group of Twenty (G20) harus memperkuat kerja sama untuk mengatasi tantangan global yang semakin kompleks. 

Untuk itu, dia mengharapkan aksi nyata dari berbagai capaian yang dihasilkan dalam pertemuan-Pertemuan G20. 

Mendag yang akrab disapa Zulhas itu juga berharap, hasil-hasil capaian G20 dapat dilihat sebagai wujud kebersamaan anggota G20 dalam memperjuangkan kesejahteraan yang berkeadilan dan pertumbuhan ekonomi yang stabil bagi negara-negara anggota.

Dia mengatakan itu saat menyampaikan pidato pembuka Indonesia dalam Trade and Investment Ministerial Meeting/TIMM (Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan dan Industri) G20 di Jaipur, India, Kamis (24/8/2023).

“Dalam beberapa tahun terakhir, G20 telah menghasilkan berbagai capaian penting. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana kita menerjemahkan capaian tersebut dalam aksi nyata,” ujarnya melansir kemendag.go.id, Jumat (25/8/2023). 

Baca juga: Pimpin ASEAN Economic Minister ke-55, Mendag Zulkifli Hasan Selesaikan 5 Capaian Prioritas Ekonomi ASEAN

Zulhas menegaskan, kerja sama G20 harus diperkuat untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. 

“Negara anggota G20 harus menunjukkan bentuk kerja sama ekonomi yang setara dan saling menguntungkan,” katanya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mengatakan, semua negara anggota G20 harus mampu mengatasi hambatan perdagangan untuk mewujudkan aksi nyata dan memperkuat kerja sama.

“Hambatan perdagangan dengan mitra G20, baik itu terkait isu politik, lingkungan, maupun teknis, harus dapat dihilangkan,” ucapnya yang memimpin delegasi Indonesia dalam TIMM di Jaipur tersebut. 

Adapun Pertemuan G20 TIMM India dibuka dan dipimpin Menteri Perdagangan dan Industri India Piyush Goyal. 

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan: Perwakilan Perdagangan di 45 Negara Siap Kolaborasi dengan UMKM dan Start Up

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.