Note

Sisakan Satu Hari Perdagangan, IHSG Pekan Ini Rawan Berakhir di Zona Merah

· Views 52
Sisakan Satu Hari Perdagangan, IHSG Pekan Ini Rawan Berakhir di Zona Merah
Sisakan Satu Hari Perdagangan, IHSG Pekan Ini Rawan Berakhir di Zona Merah (foto: MNC Media)

IDXChannel - Phintraco Sekuritas memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat (18/8/2023), berpeluang berakhir di zona merah.

Proyeksi ini dengan mengasumsikan bahwa laju indeks bakal kembali melanjutkan tren yang telah terjadi pada perdagangan hari sebelumnya, Rabu (16/8/2023), di mana IHSG menutup langkah dengan minus 0,21 persen, menuju 6.900,53.

Baca Juga:
Sisakan Satu Hari Perdagangan, IHSG Pekan Ini Rawan Berakhir di Zona Merah Saham Big Caps Koreksi, IHSG Tinggalkan Level 6.900

Secara teknikal indikator Stochastic RSI dan MACD memberi sinyal masih terdapat tekanan, sehingga indeks komposit berpeluang meninggalkan sekaligus bertahan di area 6.800an.

"Waspadai support 6.830, jika IHSG tertahan di bawah pivot 6.880 pada Jumat (18/8/2023). Breaklow 6.830 mengindikasikan pembentukan pola minor inverted cup & handle/double top," tulis Phintraco Sekuritas, dalam hasil risetnya, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga:
Sisakan Satu Hari Perdagangan, IHSG Pekan Ini Rawan Berakhir di Zona Merah IHSG Ditutup Melemah ke 6.900, Delapan Sektor Parkir ke Zona Merah

Dari sisi sentimen, pelaku pasar masih mencermati dampak pernyataan Presiden Joko Widodo terkait proyeksi makro Indonesia tahun 2024.

Dalam pidatonya di Sidang MPR, Jokowi memaparkan bahwa ekonomi RI berpotensi di level 5,2 persen, dengan inflasi diharapkan dapat terjaga di kisaran 2,8 persen.

Baca Juga:
Sisakan Satu Hari Perdagangan, IHSG Pekan Ini Rawan Berakhir di Zona Merah IHSG Masih Konsolidasi, Begini Prediksi Analis

Phintraco menyoroti katalis dari sisi mancanegara, di mana risalah bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve) bakal menjadi petunjuk pelaku pasar untuk membaca arah kebijakan suku bunga AS.

"Nada dovish dalam risalah tersebut berpotensi menopang IHSG pada Jumat depan, begitu juga sebaliknya," tulis Phintraco Sekuritas, dalam riset tersebut.

Selanjutnya, investor juga masih  perubahan arah kebijakan moneter dari Bank Sentral Eropa (ECB) dan Inggris (BoE). Data terbaru menunjukkan adanya penurunan inflasi di Inggris ke level 6.8 persen yoy pada Juli 2023 dari 7.9 persen yoy pada periode sebelumnya. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.