Note

Deretan Calon Emiten Beraset Jumbo yang akan IPO di 2023, Intip Sektor Industrinya

· Views 55
Deretan Calon Emiten Beraset Jumbo yang akan IPO di 2023, Intip Sektor Industrinya
Deretan Calon Emiten Beraset Jumbo yang akan IPO di 2023, Intip Sektor Industrinya. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Bursa Efek Indonesia mendata sampai dengan akhir tahun ini akan ada beberapa calon emiten beraset jumbo, dengan nilai di atas Rp250 miliar, yang akan melakukan penawaran saham perdana ke masyarakat. 

Bursa efek juga mencatat sampai dengan 11 Agustus kemarin, sebanyak 63 perusahaan telah mencatatkan sahamnya di BEI. Adapun total dana segar yang dihimpun dari initial public offering seluruh emiten tersebut mencapai Rp49,2 triliun. 

Baca Juga:
Deretan Calon Emiten Beraset Jumbo yang akan IPO di 2023, Intip Sektor Industrinya Inilah Amman (AMMN), Emiten yang IPO Terbesar Sepanjang 2023 dan Raup Rp10,73 Triliun

Beberapa perusahaan dengan aset skala besar yang telah mencatatkan sahamnya secara perdana tahun ini antara lain PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA) dan PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN). 

CNMA merupakan emiten dengan bisnis di industri bioskop dengan brand paling populer saat ini, yakni XXI. Sebelum IPO, terakhir pada Desember 2022, total aset CNMA tercatat mencapai Rp6,76 triliun. 

Baca Juga:
Deretan Calon Emiten Beraset Jumbo yang akan IPO di 2023, Intip Sektor Industrinya Kisah Jatuh Bangun Emiten Tua: IPO Tiga Dekade Silam, Hadapi Krisis Beberapa Kali

Sementara itu, pada periode yang sama, total aset AMMN tercatat mencapai USD6,49 miliar. CNMA melakukan IPO pada 2 Agustus 2023 dengan harga penawaran Rp270 per saham. Sementara AMMN melakukan IPO pada 7 Juli 2023 dengan harga Rp1.695 per saham. 

Selain kedua saham di atas, apa lagi calon emiten beraset jumbo yang akan melakukan IPO tahun ini? 

Dalam pencatatan pipeline IPO BEI, bursa efek mencatatkan ada tujuh calon emiten yang memiliki aset skala jumbo. Secara total, ada 27 perusahaan dalam antrean IPO berikutnya. Seluruh calon emiten itu berasal dari sektor sebagai berikut: 

1 perusahaan sektor industri
1 perusahaan sektor infrastruktur 
1 perusahaan sektor properti dan real estate
2 perusahaan sektor teknologi 
2 perusahaan sektor transporasi dan logistik
2 perusahaan sektor energi
2 perusahaan sektor material dasar
3 perushaan sektor kesehatan
6 perusahaan sektor konsumer kritikal 
7 perusahaan sektor konsumer nonkritikal

Demikianlah informasi tentang calon emiten beraset jumbo yang akan melantai di bursa efek tahun ini. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.