Note

New Development Bank Milik BRICS Terguncang Imbas Sanksi Barat Terhadap Rusia

· Views 41
New Development Bank (NDB) yang didirikan negara-negara anggota BRICS terguncang imbas sanski barat yang diterima Rusia salah satu pemegang saham. (Foto: Reuters)

JOHANNESBURG, iNews.id - New Development Bank (NDB) atau Bank Pembangunan Baru yang didirikan negara-negara anggota BRICS terguncang imbas sanski barat yang diterima Rusia salah satu pemegang saham sekaligus pendiri. Oleh karena itu, NDB disebut harus meningkatkan penggalangan dana dan pinjaman dengan mata uang lokal.

Mengutip Reuters, Menteri Keuangan Afrika Selatan Enoch Godongwana mengatakan, peningkatan penggunaan mata uang lokal di antara anggota NDB juga akan masuk dalam agenda pertemuan pemimpin negara-negara BRICS lainnya, seperti Brasil, Rusia, India dan China, pada KTT Johannesburg akhir bulan ini. 

Penggunaan mata uang lokal bertujuan mengurangi risiko dampak fluktuasi valuta asing dari de-dolarisasi.

"Sebagian besar negara anggota NDB telah mendorong untuk memberikan pinjaman dalam mata uang lokal," ucap Godongwana dikutip, Minggu (13/8/2023).

Adapun, greenback menguat terhadap mata uang negara berkembang sejak Rusia menginvasi Ukraina dan bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) mulai menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi pada awal 2022, membuat utang dolar lebih mahal bagi negara-negara tersebut. 

Didirikan pada tahun 2015 sebagai proyek keuangan unggulan dari blok tersebut, ambisi NDB untuk melayani negara-negara berkembang dan de-dolarisasi keuangan telah dibatasi oleh realitas ekonomi dan invasi Rusia ke Ukraina.

"(Itu) tidak melakukan sebanyak yang diminta negara-negara anggota, tetapi itu adalah arah strategis yang kami dorong bank," ucap Godongwana.

Meningkatkan penggalangan dana mata uang lokal dan meningkatkan modal dari anggota baru dapat membantu NDB di masa-masa sulit. Hal ini dapat mengurangi ketergantungannya pada pasar modal AS, di mana sanksi terhadap Rusia telah meningkatkan biaya pinjaman.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.