Note

Bulog dan Bapanas Ungkap Tantangan Impor Beras

· Views 45

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkapkan tantangan melakukan impor beras untuk persiapan Indonesia menghadapi kemarau panjang El Nino.

Bayu mengatakan, salah satu tantangan impor beras adalah hampir semua negara memilih untuk mengamankan stok pangan negaranya menyusul India menutup ekspor beras.

"Terus diusahakan dari berbagai negara yang masih memberikan pasokan, karena hampir semua negara telah mengambil langkah safety setelah negara importir pertama menutup ekspornya," kata Bayu di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2023).

Bayu mengatakan, saat ini, stok beras yang disimpan di Bulog sekitar 800.000 ton. Jumlah tersebut, kata dia, akan terus ditambah mencapai 1,2 juta ton beras sampai akhir tahun 2023.

Baca juga: Buka-bukaan Bapanas soal Impor Beras, Hanya Lanjut Stok Persiapan El Nino, Bukan Deal Baru

Ia juga mengatakan, pemerintah terus melakukan lobi ke negara-negara produsen beras untuk menambah pasokan beras dalam negeri mengingat harga beras dunia naik cukup tinggi.

"Kalau saja Indonesia berhasil melakukan pendekatan diplomatik dengan India dan kita bisa mendapat berasnya, itu sangat memengaruhi dan bahkan harga di tingkat Asia," ujarnya.

Senada dengan Bayu, Deputi I Bidang Ketersediaan dan Pasokan Pangan, Bapanas I Gusti Ketut Astawa mengatakan, importasi beras bukan hal yang mudah dilakukan.

Karenanya, kata dia, Kementerian Pertanian (Kementan) memperkuat produksi beras dalam negeri.

"Impor itu tidak gampang, jadi kalau dibilang jangan impor, kita impor pun belum tentu dapat (beras), karena itu solusi yang paling baik dilakukan pemerintah Kementan sebagaimana arahan presiden melakukan produksi dimana-mana," kata Astawa.

Astawa mengatakan, meskipun fenomena El Nino memengaruhi komoditas pangan, Indonesia memiliki aneka ragam makanan yang bisa dikomsumsi dan memiliki gizi seimbang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.