Note

Peristiwa Sejarah Hari Ini 10 Agustus, Jalur Kereta Api Pertama di Indonesia Diresmikan 156 Tahun Silam

· Views 31
Pembangunan jaur kereta api Semarang-Tanggung, lebih dari satu setengah abad silam. (Foto: Heritage.kai.id/Koleksi Album NISM)

JAKARTA, iNews.id – Ada banyak peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia dan negara lain pada 10 Agustus. Kejadian-kejadian tersebut antara lain pembukaan perdana Museum Louvre di Prancis dan diresmikannya jalur kereta api pertama di Nusantara yang membentang antara Semarang-Tanggung. Berikut rangkuman peristiwa sejarah 10 Agustus, yang dihimpun iNews.id dari berbagai sumber kredibel. 

10 Agustus 1511: Pasukan Portugis Menyerang Malaka

Sejarah mencatat, pasukan Portugis di bawah kepemimpinan Alfonso de Albuquerque menyerang Malaka pada 10 Agustus 1511. Kala itu, Malaka tak berkutik dan Sultan Mahmud Syah melarikan diri ke Riau. Setelah penyerangan dilakukan, Malaka akhirnya jatuh ke tangan Portugis dua pekan sesudahnya, atau tepat pada 24 Agustus 1511. 

10 Agustus 1793: Pembukaan Perdana Museum Louvre, Paris

Salah satu museum terbaik dan terbesar di dunia, Louvre, resmi dibuka pada 10 Agustus 1793. Museum yang berada di Kota Paris, Prancis ini memamerkan sekitar 35.000 objek dari masa prasejarah hingga era modern. Setiap tahun, Louvre mampu menjaring hingga 8 juta pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Louvre berlokasi di Istana Louvre, yang dahulunya digunakan sebagai benteng pada masa pemerintahan Raja Philip II. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.