Note

Tingkatkan Kapasitas dan Pergerakan Pesawat, Bandara Soetta Direvitalisasi

· Views 56

Pasardana.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan revitalisasi Bandar Udara Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang, Banten dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas pergerakan penumpang dan pesawat.

Diketahui, kapasitas penumpang dari yang awalnya tercatat sebanyak 65 juta per tahun menjadi 110 juta per tahun. Adapun revitalisasi ini dilakukan di sisi darat dan sisi udara.

Menhub menjelaskan, di sisi darat, revitalisasi dilakukan oleh PT Angkasa Pura II (AP II) dan kontraktornya PT PP pada Terminal 1B dan 1C untuk penerbangan domestik.

Secara detail, revitalisasi terminal 1C dilakukan pada lantai dasar seluas 46.100 meter persegi dan di lantai satu seluas 38.200 meter persegi. Adapun, revitalisasi Terminal 1 C meliputi area pelayanan penumpang keberangkatan dan kedatangan, area komersial, area perkantoran, connecting boarding lounge, area bagasi penumpang, maupun pekerjaan MEP.

Sementara itu, revitalisasi Terminal 2F untuk penerbangan internasional dikerjakan oleh AP II bersama kontraktor Adhi Karya. Revitalisasi di terminal rute internasional ini meliputi desain interior terminal, penggantian peralatan dan jaringan MEP (mechanical, electrical, plumbing), pembuatan connecting antar boarding lounge dan lounge umroh, penerapan IBMS.

Secara keseluruhan, revitalisasi Terminal 2 Bandara Bandara Soetta akan meningkatkan kapasitas pelayanan pergerakan penumpang dari sebelumnya hanya dapat menampung 9 juta penumpang per tahun menjadi 21 juta penumpang per tahun.

"Terminal 2F untuk penerbangan internasional akan diperbesar menjadi 70.000 meter persegi," ujar Menhub Budi dalam keterangan pers, dikutip Minggu (23/7).

Sementara itu, revitalisasi di sisi udara dilakukan pada landasan pacu (runway) oleh AP II. Pemasangan software dilakukan oleh Airnav Indonesia dalam rangka meningkatkan produktivitas pergerakan pesawat yang lepas landas maupun mendarat.

Kata Menhub, dengan revitalisasi bandar udara yang berada di Tangerang, Banten itu diharap bisa mengakomodir permintaan penerbangan dari dan ke Jakarta melalui Bandar Udara Soekarno Hatta. Adapun, revitalisasi Bandara Soetta ditargetkan rampung sekitar enam bulan ke depan.

"Bandara Soetta akan menjadi showcase-nya Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.