Note

Pesawat Tempur China Terbang di Atas Wilayahnya, Taiwan Siaga Penuh Antisipasi Serangan

· Views 42
Pesawat tempur China terbang di wilayah Taiwan (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan sebanyak 22 pesawat tempur milik China terbang di atas wilayahnya. Militer Taiwan kini bersiaga mengantisipasi kemungkinan invasi. 
 
Latihan militer akan digelar pekan depan dengan melibatkan warga sipil untuk persiapan evakuasi.

Taiwan dan China diketahui berpisah pada tahun 1949 setelah perang saudara yang berakhir dengan Partai Komunis berkuasa di daratan. Pulau Taiwan tidak pernah menjadi bagian dari Republik Rakyat China, namun Beijing menyatakan bahwa pulau tersebut harus bersatu dengan daratan.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (22/7/2023), China terus meningkatkan jumlah pesawat militer ke Taiwan seiring aktivitas politik yang terus menjalin hubungan dengan negara luar termasuk Amerika Serikat.

China bahkan menggelar latihan militer besar-besaran sebagai tanggapan atas kunjungan mantan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan pada Agustus 2023. 

China juga berupaya keras menggagalkan kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Taiwan William Lai ke Amerika Serikat (AS) bulan depan. Lai akan transit di AS dalam kunjungannya ke Paraguay untuk menghadiri pelantikan presiden negara itu pada 14 Agustus. 

Presiden Taiwan Tsai Ing Wen beberapa bulan lalu juga transit di AS dalam rangkaian turnya ke Amerika Tengah untuk mengunjungi negara-negara yang mendukung Taiwan. Namun dalam transit di New York dan Los Angeles, Tsai memanfaatkannya untuk meningkatkan hubungan dengan AS.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.