Note

Rosan Roeslani, Pengusaha yang Dilantik Jadi Wamen BUMN I

· Views 91

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik sejumlah menteri dan wakil menteri hari ini, Senin (17/7/2023). Rosan Perkasa Roeslani merupakan salah satu nama yang dilantik Jokowi untuk bergabung ke dalam Kabinet Indonesia Maju.

Rosan sudah tiba di Istana Kepresidenan pagi ini mengenakan setelan jas hitam, didampingi sang Istri, Ayu Heni yang mengenakan busana kebaya merah.

Rosan yang sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS), dilantik menjadi Wakil Menteri BUMN I, menggantikan Pahala Nugraha Mansury.

Nama Rosan sendiri sudah malang-melintang sebelum menjadi Dubes RI di AS. Berikut profilnya.

Baca Juga: Jokowi Lantik Fadjroel hingga Rosan Roeslani Jadi Dubes RI

1. Mantan Ketua KADIN

Rosan Roeslani, Pengusaha yang Dilantik Jadi Wamen BUMN IKetua Kadin Rosan Roeslani memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Rosan dikenal sebagai pengusaha sukses di Indonesia. Pria kelahiran Jakarta, 31 Desember 1986 itu adalah pendiri perusahaan di bidang jasa keuangan, Recapital Advisor. Rosan juga pernah masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia, dan menduduki urutan ke-88.

Prestasinya di dunia usaha akhirnya membawanya menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia pada tahun 2015. Dia bahkan mengalahkan mantan Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel pada Musyawarah Nasional (Munas) KADIN ke-VII pada 22-24 November 2015 silam.

2. Jadi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019

Rosan Roeslani, Pengusaha yang Dilantik Jadi Wamen BUMN IPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu di Istana Merdeka pada Senin (9/5/2022). (dok. Setwapres)

Selain jadi pengusaha, Rosan juga terjun ke dunia politik. Pada kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Rosan merupakan bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dia bersama Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) kala itu, Bahlil Lahadalia menjadi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin hingga memenangkan Pilpres 2019.

Baca Juga: [WANSUS] Rosan Roeslani: Pemulihan Ekonomi RI dari Mata Pengusaha

3. Dilantik jadi Dubes RI di AS

Rosan Roeslani, Pengusaha yang Dilantik Jadi Wamen BUMN IMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) ketika diberi kejutan ulang tahun oleh Dubes RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani pada 20 Oktober 2022. (www.instagram.com/rosanroeslani)

Pada 25 Oktober 2021, Rosan dilantik oleh Jokowi menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Amerika Serikat.

Posisi Rosan di KADIN kemudian digantikan oleh Arsjad Rasjid berdasarkan hasil Munas KADIN ke-VIII yang diselenggarakan di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara pada 1 Juli 2021 lalu.

Baca Juga: Persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Rosan Berawal dari Tawuran

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.