Note

Mau Fokus Penerbangan Domestik, Garuda Cari Mitra Maskapai Asing

· Views 28

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan pihaknya sedang berupaya mencarikan mitra strategis untuk PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Mitra strategis yang sedang diincar ialah maskapai dari Timur Tengah, yakni Emirates dan Qatar Airways.

“Ada rencana pemikiran Garuda ini akan dikerjasamakan dengan penerbangan yg bisa memberikan aksesibilitas masyarakat Indonesia untuk terbang ke luar negeri, seperti Qatar, Emirates,” ucap Erick usai menghadiri konferensi pers Festival Purnama perayaan Waisak Nasional, di Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga: Garuda Indonesia Buka Penerbangan ke Kazakhstan, Cek Jadwalnya

1. Garuda fokus layani penerbangan domestik

Mau Fokus Penerbangan Domestik, Garuda Cari Mitra Maskapai Asingilustrasi pesawat GarudaIndonesia GA200

Jika kerja sama dengan maskapai Timur Tengah itu disepakati, nantinya Garuda Indonesia hanya fokus pada penerbangan dalam negeri. Sementara, penerbangan internasional akan dilayani mitra strategis Garuda Indonesia.

“Memang ada rencana, langkah berikutnya setelah restrukturisasi, Garuda mencari strategic partner,” ujar Erick.

Baca Juga: Keren! Garuda Indonesia Dapat Predikat Penerbangan Paling Tepat Waktu

2. Kementerian BUMN sudah bicara dengan calon mitra strategis Garuda

Mau Fokus Penerbangan Domestik, Garuda Cari Mitra Maskapai AsingKantor Kementerian BUMN di Jakarta Pusat. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Erick mengaku, pihaknya sudah berbicara dengan calon-calon mitra strategis Garuda Indonesia. Namun, belum ada kesepakatan final akibat kondisi perekonomian global yang belum sepenuhnya pulih.

“Sudah (bicara). Tapi tunggu, mencari partner kan dengan sekarang situasi isu-isu Amerika yang gagal bayar kan semua pasar juga nervous,” tutur Erick.

Baca Juga: Restrukturisasi Garuda Indonesia Akhirnya Beres

3. Garuda masih proses restrukturisasi

Mau Fokus Penerbangan Domestik, Garuda Cari Mitra Maskapai AsingLivery masker pesawat Garuda Indonesia (Dok.Garuda Indonesia)

Terkait restrukturisasi Garuda Indonesia, menurut Erick saat ini masih berproses. Adapun restrukturisasi utang perusahaan otu akan menentukan kelanjutan rencana  Garuda bergabung dengan Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata (InJourney).

“Belum, baru restrukturisasi,” kata Erick.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.