Note

Fakta-Fakta Pemerintah AS Terjerat Utang Jumbo, Tembus US$31 Triliun!

· Views 69

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat (AS) dikabarkan terancam gagal bayar utang. Masyarakat di negara tersebut khawatir lantaran pengeluaran pemerintah federal terus meningkat.

Dalam survei terbaru dari Pew Research Center mengenai prioritas kebijakan publik, 57 persen orang AS menyebutkan bahwa mengurangi defisit anggaran adalah prioritas utama bagi Presiden Joe Biden dan Kongres untuk ditangani tahun ini. Angka tersebut naik dari 45 persen pada tahun lalu.

Utang federal pada dasarnya telah mencapai batas utang saat ini sebesar 31,38 triliun dolar AS, meskipun Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan bahwa dia dapat menggunakan berbagai manuver akuntansi untuk menunda gagal bayar pemerintah selama beberapa bulan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ancaman gagal bayar utang Amerika Serikat!

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Anjlok Imbas AS Berisiko Gagal Bayar Utang

1. Utang pemerintah AS capai 31,46 triliun dolar AS

Fakta-Fakta Pemerintah AS Terjerat Utang Jumbo, Tembus US$31 Triliun!ilustrasi utang negara (IDN Times/Aditya Pratama)

Total utang publik pemerintah federal mencapai kurang dari 31,46 triliun dolar AS pada 10 Februari. Itu menurut perhitungan harian terbaru Departemen Keuangan AS.

Hampir semua utang tersebut, yakni sekitar 31,38 triliun dolar AS tunduk pada batas utang menurut undang-undang, menyisakan hanya 25 juta dolar AS kapasitas pinjaman yang tidak terpakai.

2. Utang negara Amerika lebih besar dari PDB

Fakta-Fakta Pemerintah AS Terjerat Utang Jumbo, Tembus US$31 Triliun!ilustrasi ekonomi (IDN Times)

Selama beberapa tahun, utang negara lebih besar daripada produk domestik bruto (PDB), yaitu 26,13 triliun dolar AS pada kuartal keempat tahun 2022. Rasio utang terhadap PDB adalah metrik yang membantu memahami kemampuan suatu negara untuk membayar kembali utangnya.

Secara umum, rasio utang terhadap PDB yang lebih rendah adalah ideal. Sebab, itu menandakan bahwa suatu negara menghasilkan lebih banyak uang daripada utangnya, menempatkannya pada pijakan keuangan yang kuat.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Pindah ke Kota-kota di Eropa Ini Bisa Dapat Uang, Ada yang Rp800 Juta!
  • Bos Waskita Tersangka Korupsi, Proyek IKN Tak Terganggu?
  • Cap Cip Cup Impor KRL Bekas dari Jepang, Batal atau Lanjut?

Baca Juga: 5 Dampak Ekonomi jika AS Gagal Bayar Utang

3. The Fed pemegang tunggal utang pemerintah AS terbesar

Fakta-Fakta Pemerintah AS Terjerat Utang Jumbo, Tembus US$31 Triliun!Federal Reserve (Website/https://blog.gao.gov/)

Saat ini, Federal Reserve System adalah pemegang tunggal utang pemerintah AS terbesar. Meskipun The Fed secara teratur membeli dan menjual sekuritas Treasury untuk menjalankan kebijakan moneter, The Fed membeli Treasury dalam jumlah besar selama pandemik COVID-19. Itu sebagai upaya untuk menjaga agar ekonomi AS tidak goyah di bawah tekanan penutupan dan karantina.

Pada puncaknya di bulan April 2022, the Fed memegang lebih dari 6,25 triliun dolar AS utang pemerintah AS, lebih dari dua kali lipat dari kepemilikannya sebelum pandemik melanda AS pada Maret 2020.

Bahkan ketika the Fed mulai mengurangi kepemilikannya, mereka memiliki hampir 6,1 triliun dolar AS obligasi pemerintah atau hampir seperlima dari seluruh utang publik, yaitu pada 30 September 2022. Itu adalah data terbaru yang tersedia.

Sebaliknya, satu dekade sebelumnya, porsi utang the Fed hanya di bawah 11 persen. Sebab, the Fed secara resmi independen dari pemerintah federal.

Baca Juga: Ekonomi China Pulih, Harga Minyak Mentah Indonesia Naik

4. Pembayaran utang jadi salah satu pengeluaran terbesar pemerintah

Fakta-Fakta Pemerintah AS Terjerat Utang Jumbo, Tembus US$31 Triliun!pexels.com/john guccione

Pembayaran utang adalah salah satu pengeluaran terbesar pemerintah federal. Pembayaran bunga bersih atas utang tersebut, menurut Kantor Manajemen dan Anggaran, diperkirakan mencapai 395,5 miliar dolar AS pada tahun fiskal ini atau 6,8 persen dari seluruh pengeluaran federal.

Jumlah tersebut lebih dari 100 miliar dolar AS lebih banyak dari yang diperkirakan akan dibelanjakan pemerintah untuk tunjangan dan layanan veteran dan lebih banyak dari yang akan dibelanjakan untuk pendidikan dasar dan menengah, bantuan bencana, pertanian, program sains dan ruang angkasa, bantuan luar negeri, serta sumber daya alam dan perlindungan lingkungan jika digabungkan.

Pembayaran utang sebagai bagian dari pengeluaran federal mencapai puncaknya lebih dari 15 persen pada pertengahan 1990-an, tetapi secara umum penurunan suku bunga telah membantu menekan pembayaran meskipun jumlah dolar terus bertambah.

Pada tahun fiskal 2021, suku bunga rata-rata utang federal mencapai rekor terendah 1,605 persen. Tetapi dengan the Fed menaikkan suku bunga kebijakannya untuk mencoba mendinginkan ekonomi, AS mulai membayar lebih banyak.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.