Note

Kisah Jimmy Wales, Pendiri Wikipedia yang Memilih Tak Jadi Miliuner

· Views 50
Jimmy Wales, pendiri Wikipedia. (Foto: istimewa)

LONDON, iNews.id - Kisah Jimmy Wales, pendiri wikipedia yang memilih tak menjadi miliuner dengan menjadikan Wikipedia 100 persen gratis di era digitalisasi ini sangat mengejutkan dan menginspirasi. 

Pria kelahiran Huntsville, Alabama, Amerika Serikat (AS) pada 8 Agustus 1966 memiliki nama lengkap Jimmy Donal Wales. Sejak kecil, Jimmy Wales sangat suka membaca. 

Hal itu, mendorong ibunya membelikan buku-buku World Book Encyclopedia. Jimmy Wales membaca semua buku tersebut, namun merasa kurang puas karena hampir setiap tahun informasinya harus diperbarui. 

Hal inilah yang menjadi cikal bakal idenya mendirikan Wikipedia. Saat masuk Randolph Scholl, sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi yang didukung fasilitas komputer dan teknologi lainnya. 

Setelah menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari Universitas Auburn dan melanjutkan pendidikannya di bidang keuangan pada Universitas Alabama dan memperoleh gelar master dalam bidang keuangan, James Walles bekerja sebagai direktur riset di Chicago Options Associates, suatu perusahan pialang bursa berjangka dan option di Chicago, dari 1884-2000.  

Dari pekerjaan tersebut, Wales dapat mengumpulkan cukup modal untuk mendirikan Nupedia.com, situs ensiklopedia bebas yang bisa ditulis oleh khalayak ramai, namun diawasi oleh para editor terkemuka di bidangnya. 

Wales mempekerjakan Larry Sanger sebagai editor in chief. Pada Januari 2001, Larry mengajukan proposal untuk membuat ensiklopedia menggunakan peranti lunak, dan Wales mewujudkannya. 

Tepat 15 Januari 2001, Wikipedia diluncurkan. Wikipedia berasal dari kata Wiki dalam bahasa Hawaii yang berarti cepat, dan pedia diambil dari bahasa Yunani Kuno "paideia" yang berarti pengetahuan umum. 

"Tujuannya sederhana, bagaimana kalau kita memasukan semua pengetahuan dunia ke internet, dengan kolaborasi yang cepat dan mengadaptasi konsep ensiklopedia," kata Jimmy Wales, dalam wawancara dengan Nasdaily baru-baru ini. 

Awalnya Wikipedia adalah perusahaan yang mencari keuntungan dengan memasang iklan perusahaan di website tersebut. Setiap artikel yang ditulis editor mendapat bayaran dari pendapatan iklan tersebut. 

Lalu Jimmy Wales kemudian memutuskan untuk menjadikan Wikipedia website bebas biaya alias gratis 100 persen. Tak ada iklan, tak ada kewajiban mendaftar, tak ada penghasilan, tak ada mencari keuntungan, hanya berbagi pengetahuan gratis. 

"Membuat wikipedia gratis adalah keputusan terbaik dalam hidupku," kata Jimmy Wales. 

Keputusannya menjadikan Wikipedia sebagai situs gratis berbuah manis. Editor dari seluruh dunia berkontribusi dan memasukkan semua pengetahuan ke dalam website. Mereka saling memeriksa fakta dan telah menulis lebih dari 50 juta artikel dalam 300 bahasa. 

"Semuanya gratis, 1 juta buku seperti ini dalam satu website. Jika saya mengenakan biaya, seorang anak di Meksiko tidak bisa membayarnya. Wikipedia 100 persen dibiayai donasi, para donatur memberikan donasi dalam jumlah kecil, tapi itu sudah cukup," kata Jimmy Wales. 

Meski demikian, Wikipedia menjadi website terbesar ke-6 di dunia yang bernilai miliaran dolar. Wales bisa saja menjadi miliuner tapi dia memilih tidak mencari keuntungan dari Wikipedia. 

"Saya tinggal di London, banyak miliuner di sini, para banker memiliki banyak uang, tapi mereka tidak bisa seperti saya yang bisa bepergian ke manapun, bertemu dengan banyak tokoh dunia," ujar Jimmy Wales.  

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.