Note

Keuntungan Indonesia dari Bangkrutnya Silicon Valley Bank

· Views 28

Jakarta, IDN Times - Ekonom Senior Indef, Aviliani, mengatakan, pasar keuangan Indonesia akan mendapatkan berkah dari bangkrutnya Silicon Valley Bank (SVB).

Berkah yang akan didapatkan Indonesia dalam bentuk aliran modal asing (capital inflow) yang lebih besar karena investor mengalihkan dananya ke aset keuangan domestik.

"Kebangkrutan SVB, kita akan dapat keuntungan karena ketika suatu negara alami krisis keuangan, maka uangnya akan masuk ke Indonesia," ucapnya dalam acara 'Fortune Indonesia Summit 2023', Rabu (15/3/2023).

Baca Juga: Silicon Valley Bank Bangkrut, Jokowi Ingatkan soal Krisis Global

1. Faktor pemicu aliran inflow

Keuntungan Indonesia dari Bangkrutnya Silicon Valley BankSilicon Valley Bank Kolaps Usai Krisis Modal dalam 48 Jam (IDN Times/Aditya Pratama)

Avi menjelaskan, ada beberapa indikator yang akan mendorong inflow ke dalam negeri. Pertama, suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 5,75 persen.

Kemudian, sisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berkomitmen menjaga stabilitas sistem keuangan Indonesia.

"Suku bunga acuan Indonesia masih bagus, dan OJK juga menjaga sistem keuangan jauh lebih bagus dibandingkan negara maju. Ini artinya kita beruntung atas kasus 1998 karena pengawasan jauh lebih baik di sektor keuangan," katanya.

Baca Juga: Kurs Rupiah Menguat di Tengah Kebangkrutan Silicon Valley Bank di AS

2. Persepsi masyarakat pengaruhi ekonomi

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Harta Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo, Hampir Saingi Menkeu!
  • Muncul Gerakan Tolak Bayar Pajak Imbas Kasus Rafael Alun Trisambodo
  • 9 Alasan Perusahaan PHK Karyawan yang sesuai UU Ketenagakerjaan
Keuntungan Indonesia dari Bangkrutnya Silicon Valley BankWebsite

Menurut Aviliani, kasus SVB menjadi pelajaran bagi Indonesia. Sebab, persepsi dan psikologi pasar akan menentukan volatilitas yang dapat menganggu perekonomian.

"Kalau persepsi kita baik dan melakukan kontribusi konsumsi dan investasi seimbang, maka krisis gak ada. Jika masyarakat persepsi buruk akan menjadi bahaya. Bahkan saat ini persepsi sistem keuangan sudah dijaga dengan baik dengan UU P2SK, ada perubahan LPS tidak hanya jaga dana masyarakat tapi juga beri solusi jika ada bank bermasalah dia membantu jaga stabilitas sistem keuangan dan tambah keyakinan," katanya.

Baca Juga: Bank Besar AS  Silicon Valley Bangkrut Bikin Rupiah Tertekan Pagi Ini

3. Menkeu minta waspadai bangkrutnya SVB

Keuntungan Indonesia dari Bangkrutnya Silicon Valley BankMenteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mewaspadai bangkrutnya Silicon Valley Bank di Amerika Serikat (AS). Bank penyuntik perusahaan-perusahaan rintisan (startup) itu kolaps pada 10 Maret 2023.

"Yang harus kita waspadai sekarang adalah kondisi pasar global yang seperti terjadi dalam pekan terakhir ini, penutupan Silicon Valley Bank," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN kita di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2023).

Dia menyebut, SVB adalah bank yang relatif kecil, merupakan bank regional dengan aset hanya 200 miliar dolar AS. Aset tersebut dinilai sangat kecil untuk ukuran bank di AS. Namun, apa yang terjadi pada SBV telah menimbulkan guncangan yang signifikan dari sisi kepercayaan deposan di Amerika Serikat.

"Oleh karena itu kemudian pemerintah Amerika yang tadi tidak melakukan bailout, kemudian memutuskan melakukan bailout, menjaga seluruh deposito dari SVB. Ini tentu adalah suatu pelajaran yang perlu untuk kita lihat bahwa bank yang kecil di dalam posisi tertentu bisa menimbulkan persepsi sistem," tuturnya.

Baca Juga: Fakta-Fakta Silicon Valley Bank, Penyuntik Startup yang Kolaps 48 Jam

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.