Note

Korsel Sebut Korut Musuh dan Punya 70 Kg Cadangan Plutonium

· Views 24
Korsel menyebut Korut sebagai musuh dan memiliki cadangan plutonium hingga 70 kg. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Selatan (Korsel) menyebut Korea Utara (Korut) sebagai musuh. Selain itu, Korsel memperkirakan, Korut memiliki cadangan plutonium hingga 70 kg. 

Pernyataan tersebut tertulis dalam buku putih dua tahunan yang dirilis pada Kamis (16/2/2023). Dalam buku putih pertahanan tersebut, Korsel menjabarkan sekilas tentang gudang senjata nuklir dan rudal Korut yang semakin tertutup, serta kemampuan militer konvensionalnya.

Dalam enam tahun terakhir, ini merupakan kali pertama Korsel menyebut Korut sebagai 'musuh'. Terakhir, Korsel menyebut negara tetangganya itu musuh pada makalah yang terbit pada 2016.   

"Karena Korea Utara terus memberikan ancaman militer tanpa menyerahkan senjata nuklirnya, rezim dan militernya, yang merupakan agen utama eksekusi, adalah musuh kita," kata dokumen itu seperti dikutip dari Reuters.

Korut juga dilaporkan terus memproses ulang bahan bakar bekas dari reaktornya dan memiliki sekitar 70 kg (154lb) plutonium. Jumlah ini naik dari 50kg yang diperkirakan dalam laporan sebelumnya.

Korut juga telah mengamankan uranium dalam jumlah yang substansial. Selain itu Korut juga mengalami peningkatan kemampuan yang signifikan untuk memperkecil bom atom melalui enam uji coba nuklir. Deskripsi ini tetap tidak berubah sejak 2018.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.