Note

Hadapi Tahun Politik, Sri Mulyani Minta Investor dan Masyarakat Tak Khawatir

· Views 29
Hadapi Tahun Politik, Sri Mulyani Minta Investor dan Masyarakat Tak Khawatir
Hadapi Tahun Politik, Sri Mulyani Minta Investor dan Masyarakat Tak Khawatir (foto: MNC Media)

IDXChannel - Berbagai pihak telah memprediksi bahwa sepanjang tahun 2023 bakal diisi oleh beragam tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dari sisi global, misalnya, ancaman bakal terjadinya resesi seiring dengan tren kenaikan suku bunga acuan di sejumlah negara disebut sebagai kondisi yang perlu diantisipasi.

Baca Juga:
Sri Mulyani: Pelabuhan Dulu Kesannya Mengerikan, Sekarang Etalase Bisnis RI

Sementara dari dalam negeri, tahun 2023 banyak disebut sebagai tahun politik, di mana Indonesia tengah bersiap menyambut ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) yang bakal dilangsungkan pada 2024 mendatang.

Dengan adanya momen tersebut, sebagian investor disebut mulai meragukan kepastian hukum, lantaran khawatir bahwa setiap kebijakan hukum yang diambil tidak lagi berdasarkan obyektifitas, melainkan lebih pada pertimbangan politik.

Baca Juga:
Kunjungi Cikarang Dry Port, Sri Mulyani: Titik Vital Arus Logistik di Jabodetabek

"Kalau soal kepastian hukum, ya seluruhnya, investor maupun semua masyarakat, pasti membutuhkan. Mungkin (yang dikhawatir) lebih ke soal keamanan (nasional di tahun politik," ujar Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, saat mengunjungi Cikarang Dry Port, Jumat (27/1/2023).

Sri mengakui, dengan semakin dekatnya penyelenggaraan Pilpres 2024, hal itu membuat suhu politik di masyarakat cenderung mengalami kenaikan. Namun demikian, Sri meminta seluruh pihak untuk tidak khawatir secara berlebihan.

Baca Juga:
Sri Mulyani ke Pengusaha: Bayar Pajak adalah Kewajiban, Bukan Beban

"karena kita sudah berpengalaman dalam beberapa kali Pemilu. Hal (keamanan nasional) itu tetap bisa terjaga. Sehingga ini harusnya tidak menjadi alasan investor atau masyarakat untuk merasa khawatir," tutur Sri.

Justru, menurut Sri, kondisi keamanan tersebut dapat terwujud ketika semua pihak berkomitmen membuat Pemilu dapat berjalan dengan lancar, aman, damai, serta bebas, jujur dan adil seperti halnya yang diinginkan semua pihak.

"Dan saya mendengar sendiri bahwa Bapak Presiden menyampaikan agar kita terus menjaga Indonesia. Jadi tidak perlu untuk dikhawatirkan," tegas Sri. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.