Note

Sandiaga Ungkap Fakta Kunjungan Wisman RI Kalah Jauh dibanding Turki

· Views 20

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan sejumlah fakta soal penilaian tentang kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Indonesia yang kalah jauh dengan Turki, yakni terkait infrastruktur pendukung dan akses masuk.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di mana ia menjawab pertanyaan Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira.

Dalam raker tersebut, Andreas menyebut kunjungan wisman ke Turki hingga Desember 2022 lalu telah mencapai 50 juta wisman. Capaian tersebut dinilainya masih jauh dibandingkan Indonesia yang hingga November 2022 baru mencapai 4,58 juta wisman.

"Turki itu mereka Desember sudah hampir 50 juta turis. Ini angka yang dibanding kita jauh sekali. Ini luar biasa. Tapi okelah, kita harus tetap berjuang perbaiki bagaimana meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia," kata Anggota Fraksi PDI Perjuangan dikutip dari Antara, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: Daftar UMR Cikarang dan Cibitung 2023, Kalahkan DKI Jakarta

Menanggapi pertanyaan tersebut, Sandiaga Uno mengatakan Turki bisa mencapai angka kunjungan wisman bukan dalam waktu singkat.

Ia juga menilai Turki telah melakukan upaya luar biasa untuk mendukung sektor pariwisata salah satunya dengan membangun infrastruktur dasar berupa bandar udara.

"Saya menggarisbawahi Turki itu bisa mencapai 50 juta tentunya bukan dalam waktu yang singkat tapi mereka berinvestasi secara luar biasa dimulai dari infrastruktur dasar seperti airport," kata dia.

Di sisi lain, Turki merupakan negara yang bisa diakses dengan mudah melalui jalur darat. Terlebih posisinya yang terletak di antara benua Asia dan Eropa.

Baca juga: Gaji UMR Medan 2023, Tertinggi Se-Sumut

"Turki ini juga bisa dijangkau dengan jalan darat sementara kita yang bisa jalan darat ini hanya Timor Leste dan Malaysia dan itu terbatas," katanya.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno memaparkan pemerintah terus mendorong pariwisata yang berkualitas.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.