Note

Dolar Australia Hari Ini Sentuh Level Tertinggi 5 Bulan

· Views 33

Dolar Australia Hari Ini Sentuh Level Tertinggi 5 Bulan

Dolar Australia hari ini mencapai level tertinggi 5 bulan setelah rilis CPI utama sebesar 7,8%, mengalahkan perkiraan 7,6% dari tahun ke tahun hingga akhir Desember dan 7,3% sebelumnya. Ini adalah yang tertinggi sejak awal 1990-an.

CPI utama kuartal ke kuartal bulan Desember adalah 1,9% dibandingkan 1,6% yang diantisipasi dan 1,8% sebelumnya.

Ukuran yang lebih disukai RBA untuk CPI rata-rata yang dipangkas adalah 6,9% tahun-ke-tahun hingga akhir 2022, bukan perkiraan 6,5% dan 6,1% sebelumnya.

Pembacaan CPI rata-rata kuartal-ke-kuartal yang dipangkas sebesar 1,7% berada di atas perkiraan 1,5% dan ada revisi untuk kuartal sebelumnya, hingga 1,9%.

Pasar suku bunga berjangka menaikkan peluang kenaikan 25 basis poin oleh RBA pada pertemuan kebijakan moneter mereka pada tanggal 7 Februari. Akhir minggu ini data PPI juga akan dirilis.

AUD/USD mungkin akan menemukan support jangka pendek karena tekanan harga bangunan. RBA sebelumnya telah mengatakan bahwa mereka memperkirakan CPI akan mencapai 8% akhir tahun ini sebelum menurun ke tahun depan.

Data hari ini mendekati perkiraan tersebut dan jika inflasi mengakar, bank sentral mungkin akan berada dalam situasi yang sulit. Media lokal telah banyak memberitakan tentang apa yang disebut sebagai ‘jurang hipotek’.

Hal ini mengacu pada para peminjam yang mengambil pinjaman dengan suku bunga tetap ketika suku bunga tunai berada pada 0,10% sekitar 2 tahun yang lalu. Banyak dari pinjaman ini akan mulai jatuh tempo akhir tahun ini. Suku bunga saat ini sebesar 3,10% dapat membebani beberapa neraca keuangan rumah tangga dan kenaikan suku bunga dapat semakin menekan mereka.

Sebelumnya pada hari ini, CPI Selandia Baru stabil pada 7,2% tahun ke tahun hingga akhir Desember, sama seperti sebelumnya, tetapi di atas perkiraan 7,1%. Demikian pula, pembacaan kuartal ke kuartal adalah 1,4% daripada perkiraan 1,3% tetapi melambat dari cetakan sebelumnya sebesar 2,2%.

Pasar overnight index swap (OIS) memperkirakan kenaikan 50 bp oleh Reserve Bank of New Zealand pada pertemuan mereka tanggal 22 Februari.

NZD/USD awalnya melonjak karena berita tersebut namun sejak itu turun di bawah level sebelum data dirilis. AUD/NZD kembali di atas 1,0850 setelah mencapai level terendah 12 bulan di 1,0468 bulan lalu.

 

 

 

Sumber

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.