Note

Duh! Situasi di Sekitar PLTN Zaporizhzhia Memburuk

· Views 23
Zaporizhzhia. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Menteri Energi Jerman Galushchenko kepada televisi Ukraina mengatakan situasi di sekitar PLTN Zaporizhzhia memburuk. Itu terjadi karena kondisi psikologis staf Ukraina dan kondisi peralatannya.

Staf Ukraina tetap berada di pabrik itu sejak pasukan Rusia merebutnya Maret tahun lalu. 

"Situasinya memang memburuk. Ini semakin buruk bukan hanya karena kondisi mental spesialis Ukraina yang tersisa, tetapi juga karena kondisi peralatan," kata Galushchenko, Jumat (20/1/2023).

Pembangkit nuklir, yang terbesar di Eropa, telah berulang kali mendapat serangan dan menimbulkan kekhawatiran akan bencana nuklir. Masing-masing pihak, Rusia dan Ukraina saling menyalahkan yang lain atas penembakan itu.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pengawas nuklir PBB, sedang mencoba untuk membuat zona aman di sekitar fasilitas tersebut. IAEA mengatakan mendatangi hingga empat ahli di Zaporizhzhia tetapi Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi, yang mengunjungi Ukraina minggu ini, mengaku khawatir dunia menjadi terlena tentang bahaya.

Perusahaan energi nuklir Ukraina, Energoatom, mengatakan, pasukan Rusia terus membangun benteng militer di sekitar unit tenaga nuklir di stasiun tersebut. 

Mereka juga mengatakan, pihaknya di stasiun tidak dapat menyalakan unit listrik karena kekurangan staf. Sekitar 1.500 spesialis Ukraina telah dilarang masuk setelah menolak menandatangani kontrak dengan entitas Rusia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.