Note

Modalku Catat Penyaluran Kredit Sebesar Rp 41,2 Triliun ke UMKM Sepanjang 2022

· Views 15

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup Modalku mencatat penyaluran pendanaan sebesar Rp 41,2 triliun kepada lebih dari 5,1 juta total transaksi UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam sepanjang tahun 2022.

Angka tersebut tumbuh sebesar 40 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Co-founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan, tahun 2022 merupakan situasi yang menantang untuk perjalanan bisnis Modalku.

"Namun di samping itu kami sangat bersyukur karena di tengah kondisi ekonomi yang penuh dinamika, Modalku berhasil mendapatkan pendanaan di awal tahun dari investor yang mampu memberi kesempatan bagi kami untuk tumbuh dan bertahan di tahun ini," ujar dia dalam siaran pers, Rabu (18/1/2023).

Baca juga: Fintech Lending Modalku Catat Produk Pinjaman Khusus Karyawan Tumbuh 600 Persen

Sementara itu, Co-founder & COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan, di tengah ketidakpastian situasi ekonomi, UMKM diprediksi akan tetap menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Di Indonesia, penyaluran pendanaan Modalku telah didistribusikan ke berbagai industri UMKM.

Adapun, industri UMKM yang paling banyak didanai oleh Modalku didominasi oleh sektor perdagangan, baik grosir dan eceran, termasuk pengusaha online sebesar 55 persen.

Kemudian diikuti dengan sektor jasa, termasuk industri pengolahan, konstruksi, serta pengangkutan dan pergudangan sebesar 44 persen. Sedangkan sektor kehutanan dan perikanan sebesar 1 persen.

Baca juga: Fintech Modalku Luncurkan Multifinance, Beri Pinjaman Hingga Rp 25 Miliar

Lebih rinci, Iwan menjelaskan, area penyaluran dana Modalku tidak hanya berfokus di Pulau Jawa, tetapi juga menjangkau hingga ke luar Pulau Jawa.

"Beberapa area di luar Pulau Jawa yang paling banyak didanai oleh Modalku antara lain Sumatera Utara, Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Bali," imbuh dia.

Selain itu, Modalku mencatat telah memiliki 230.000 pemberi dana yang merupakan individu dan instansi sampai akhir tahun 2022.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.