Note

Saham Naik 25 Persen, Simak Proyeksi Morgan Stanley Cs buat GOTO

· Views 18
Saham Naik 25 Persen, Simak Proyeksi Morgan Stanley Cs buat GOTO
Saham Naik 25 Persen, Simak Proyeksi Morgan Stanley Cs buat GOTO. (Foto: GOTO)

IDXChannel – Melesatnya saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) di awal tahun 2023 mendorong Morgan Stanley untuk meningkatkan rating emiten ini.

Melansir data Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (17/1), kinerja saham GOTO dalam sepekan terakhir menguat hingga 20,00 persen. Sementara, dalam sebulan belakangan, sahamnya juga menghijau di 31,03 persen.

Baca Juga:
Awal Tahun Indah buat yang ‘Serok’ GOTO, Sahamnya Melesat Lagi

Sedangkan, ditilik dari kinerja sahamnya secara year to date (YTD) di tahun 2023, harga saham GOTO terus melesat hingga 25,27 persen. (Lihat grafik di bawah ini).

Saham Naik 25 Persen, Simak Proyeksi Morgan Stanley Cs buat GOTO

Baca Juga:
Meniti Peluang Cuan dari Penurunan Valuasi Saham GOTO

Rebound di awal tahun ini kontras dengan penurunan lebih dari 70 persen sepanjang 2022.

Pulihnya saham GOTO menjadi peluang baik bagi perusahaan, termasuk menjadi faktor pendorong Morgan Stanley dalam meningkatkan ratingnya terhadap emiten ini.

Baca Juga:
Saham MDKA-INCO Melesat, Sinyal 'Bullish' Sektor Nikel?

Melansir pemberitaan Bloomberg, Morgan Stanley meningkatkan rating dari perusahaan penyedia transportasi dan e-commerce ini dari underweight menjadi equal-weight.

“GOTO layak mencetak pertumbuhan pendapatan di tahun 2021-2024 yang lebih cepat, dengan pertumbuhan tahunan hingga 68 persen, lebih tinggi dibanding kompetitornya, yakni 42 persen,” tulis Morgan Stanley, dikutip dari Bloomberg pada Selasa (17/1).

Kendati demikian, persaingan yang ketat dan kurangnya kepemimpinan pasar yang jelas berpotensi menyebabkan perusahaan akan tetap melakukan strategi bakar uang hingga tahun 2025.

Dengan demikian, broker menurunkan target price dari GOTO sebesar 41 persen menjadi Rp110/saham.

Morgan Stanley juga melaporkan, investor masih khawatir dengan tingginya valuasi GOTO meski basis pasarnya lebih kecil dibanding kompetitornya yang berkecimpung di bisnis sejenis.

Mengingat, harga saham emiten ini telah anjlok hingga 74 persen dari puncaknya pada bulan Juni tahun lalu yang menyebabkan para investor kecewa karena banyaknya ‘kehebohan’ pada GOTO yang terjadi sejak April 2022.

Namun begitu, menurut laporan tersebut, pada Desember lalu, UBS AG dan BNI Sekuritas turut meningkatkan peringkat mereka terhadap GOTO karena adanya valuasi menarik seiring kemampuan GOTO dalam meningkatkan premi perusahaan dibanding perusahaan lainnnya yang sejenis.

“Perusahaan telah mengambil sejumlah langkah untuk mengatasi kekhawatiran pasar akan perlambatan ekonomi global, termasuk memangkas tenaga kerja hingga menjual aset,” tulis laporan tersebut.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.