Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China menghentikan kenaikan beruntun enam sesi pada Selasa, karena beberapa investor melakukan aksi ambil untung di tengah keraguan atas keberlanjutan rebound pasar baru-baru ini.

Indeks saham unggulan China CSI 300 ditutup menguat tipis 0,1 persen, sedangkan Indeks Shanghai tergelincir 0,2 persen setelah naik di enam sesi sebelumnya.

Indeks Hang Seng Hong Kong dan Indeks Hang Seng China Enterprises masing-masing melemah 0,3 persen.

CSI 300 telah pulih sekitar 15 persen sejak November karena taruhan seputar pembukaan kembali ekonomi di China. Dalam kebijakan putar balik, negara itu membatalkan kebijakan nol-COVID pada awal Desember.

Saham-saham Asia lainnya jatuh menyusul komentar hawkish dari dua pejabat Federal Reserve AS semalam, dengan investor menjadi berhati-hati menjelang data inflasi utama yang akan dirilis minggu ini.

"Tidak mungkin fundamental dan kebijakan-kebijakan akan meningkat secara signifikan karena Festival Musim Semi akan segera tiba," kata Guosheng Securities dalam sebuah catatan, menambahkan bahwa lebih baik mengakumulasi perusahaan-perusahaan bernilai rendah daripada mengejar saham yang terbang tinggi pada tahap saat ini.

Pasar sedang bergeser dari "didorong oleh ekspektasi" menjadi "didorong oleh fundamental", kata mereka.

Liburan Festival Musim Semi China selama seminggu dimulai pada 21 Januari.

Para fund manager China telah memperingatkan gelombang keuntungan pasar berikutnya akan kurang luas, sebaliknya mereka akan lebih memperhatikan fundamental perusahaan ke depan.

Di China, perdagangan beragam, dengan semikonduktor dan mobil masing-masing naik 1,1 persen dan 2,9 persen, sementara bank kehilangan 1,2 persen.

Analis Morgan Stanley mengatakan dalam sebuah catatan, "Kami percaya pasar kurang menghargai konsekuensi pembukaan kembali yang luas dan kemungkinan bahwa pemulihan siklus yang kuat dapat terjadi meskipun hambatan struktural masih ada."

"Tahun 2023 akan menjadi tahun bagi ekuitas China untuk memimpin kinerja pasar global, dalam pandangan kami, dengan momentum kemungkinan lebih terkonsentrasi pada paruh pertama tahun ini."

Baca juga: Wall St beragam, investor pertimbangkan kenaikan bunga kurang agresif
Baca juga: Mirae Asset proyeksi IHSG tumbuh 15 persen pada 2023, di level 7.880
Baca juga: Dolar lesu karena Fed mungkin dekati akhir siklus kenaikan suku bunga

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023