Note

Harga Emas Hari Ini Sentuh Level Tertinggi 8 Bulan

· Views 31

Harga Emas Hari Ini Sentuh Level Tertinggi 8 Bulan

Harga emas hari ini makin bersinar terang. Harganya bahkan berada di kisaran tertinggi selama delapan bulan terakhir. Pada perdagangan Selasa (10/1/2023) pukul 06:22 WIB, harga emas dunia di pasar spot berada di US$ 1.870,48 per troy ons. Harga melandai 0,06%.

Kendati melemah tipis, emas sempat terbang pada hari sebelumnya. Pada perdagangan Senin (9/1/2023), emas ditutup menguat 0,32% di posisi US$ 1.871,59 per troy ons. Harga tersebut adalah yang tertinggi sejak 6 Mei 2022 atau delapan bulan terakhir.

Selanjutnya, harga emas masih menguat 1,7% secara point to point dalam sepekan. Harga emas juga menguat 4,1% sementara dalam setahun menanjak 3,8%.

Penguatan emas ditopang oleh ambruknya dolar Amerika Serikat (AS).

Indeks dolar ditutup di posisi 103,001, terendah sejak pertengahan Mei 2022 atau tujuh bulan lebih.

Pelemahan mata uang Greenback akan menguntungkan emas karena harga sang logam mulia semakin murah sehingga semakin terjangkau untuk dibeli.

Dolar AS sendiri melemah karena bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan mengendurkan tingkat kenaikan suku bunga mereka tahun ini.

“Suku bunga akan terus naik tetapi juga akan ada batasnya. Pelaku pasar emas sudah melakukan priced in terhadap kenaikan tersebut. Secara teknis, emas masih punya ruang untuk terus menguat,” tutur analis RJO Futures, Bob Haberkorn, dikutip dari Reuters.

 

 

 

Sumber

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.