Note

Dolar: Prospek Cepat

· Views 45

Terlepas dari laporan positif dari Departemen Tenaga Kerja AS, dolar terpantau turun pada hari Jumat dan terus menurun pada paruh pertama hari perdagangan hari ini. Biro Statistik Tenaga Kerja melaporkan pada Jumat bahwa nonfarm payrolls naik 223.000 pada bulan Desember, melebihi perkiraan pertumbuhan yang hanya sebesar 200.000. Angka pengangguran turun menjadi 3,5% dari 3,6% di bulan November, yang juga lebih baik dari perkiraan 3,7%.

Titik lemah dalam laporan tersebut adalah data pertumbuhan upah. Pertumbuhan penghasilan per jam rata-rata adalah 4,6% (dalam waktu satu tahun), turun dari 4,8% pada bulan November, dibandingkan perkiraan 5,0%. Data ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa tekanan inflasi mereda karena kenaikan upah AS yang lebih moderat.

Laporan ISM yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan bahwa IMP Jasa berada di 49,6 untuk Desember, lebih buruk dari perkiraan yang sebesar 55,0 atau dari pembacaan sebelumnya sebesar 56,5.

Statistik ekonomi makro AS yang dirilis Jumat lalu memperkuat keyakinan investor bahwa Fed akan semakin memperlambat laju pengetatan kebijakannya dan, mungkin, akan melakukan pelonggaran dalam waktu dekat.

Jika statistik inflasi AS menunjukkan pelambatan lain pada hari Kamis, ini akan semakin memperkuat kecenderungan Fed untuk menunggu dan melihat setelah tindakan keras pada tahun 2022, ketika suku bunga segera dinaikkan sebesar 4,25% (dari 0,25% di awal tahun) menjadi 4,50%.

Dolar: Prospek Cepat

Sebagai tindak lanjut dari risalah pertemuan bulan Desember bank sentral AS yang diterbitkan minggu lalu, para pemimpinnya sejauh ini mempertahankan sikap keras, menegaskan kesiapan mereka untuk pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut. Pejabat Fed percaya bahwa gangguan dalam rantai pasokan global, dan peningkatan risiko inflasi, akan bertahan setidaknya satu tahun lagi, yang berarti bahwa suku bunga akan dinaikkan lagi pada pertemuan berikutnya (31 Januari–1 Februari) dengan probabilitas tinggi. Pertanyaannya sejauh ini adalah seberapa kuat kenaikan ini, dan data inflasi yang diharapkan minggu ini akan memungkinkan pelaku pasar untuk menarik kesimpulan tertentu mengenai masalah ini.

Tidak ada publikasi penting dalam kalender ekonomi hari ini. Namun, akan ada pidato dari Presiden Federal Reserve Atlanta Raphael Bostic pada pukul 17:00 GMT. Jika ia membuat pernyataan tak terduga mengenai prospek kebijakan moneter Fed, volatilitas dolar akan kembali naik. Besok, pelaku pasar akan fokus pada pidato Ketua Federal Reserve, Jerome Powell yang direncanakan pada pukul 14:00 GMT.

Menyusul hasil rapat bulan Desember, seingat kami, Powell menyatakan bahwa "lebih banyak bukti diperlukan untuk memastikan penurunan inflasi." Pada saat yang sama, "rasa sakit terbesar", menurutnya, adalah ketidakmampuan menaikkan tarif cukup tinggi. "Pandangan FOMC adalah kita perlu mempertahankan suku bunga tertinggi sampai kita benar-benar yakin bahwa inflasi akan turun secara berkelanjutan," tambahnya.

Kutipan utama Powell lainnya menunjukkan bahwa "tingkat pengangguran 4,7% masih merupakan pasar tenaga kerja yang kuat," "Fed belum mencapai tingkat kebijakan yang cukup membatasi," dan "ada beberapa kenaikan suku bunga yang harus dilakukan." Namun, "FOMC terus melihat risiko inflasi sebagai sisi atas."

Kesimpulan umum dari pertemuan FOMC bulan Desember adalah bahwa suku bunga AS akan terus meningkat, setidaknya ke level 5,1% (pada akhir tahun 2023), tetapi banyak juga yang akan bergantung pada kondisi ekonomi dan pasar tenaga kerja saat ini serta dinamika inflasi. Jika terus menurun, laju kenaikan suku bunga juga akan melambat. "Keputusan kami akan bergantung pada data yang masuk secara keseluruhan," ungkap Powell.

Akan menarik untuk mendengar pandangannya tentang hal ini sekarang. Jika ia mengkonfirmasi kecenderungan Fed untuk melanjutkan siklus kebijakan super ketat, bahkan jika pada kecepatan yang lebih lambat, dolar dapat memperoleh kembali sebagian besar penurunannya pada hari Jumat dan hari ini.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Dolar: Prospek Cepat

Pada saat penulisan, DXY (CFD #USDX di terminal perdagangan MT4) diperdagangkan di dekat 103.72, setelah berhasil memperbarui posisi terendah hari ini dan terendah 4 hari di 103.40 sebelumnya.

Dari sudut pandang teknis, DXY diperdagangkan di zona bear market jangka menengah, di bawah level resistensi utama 104.30, 105.40. Perlu dicatat bahwa DXY telah mendekati level dukungan 103.40 empat kali dalam lima minggu perdagangan yang tidak lengkap. Kesimpulannya menunjukkan bahwa jika terjadi terobosan yang terkonfirmasi pada level ini, penurunan DXY dapat mempercepat menuju level support jangka panjang kunci 100.00, 98.55. Penembusan level dukungan 93.00 akan mengembalikan DXY ke zona bear market jangka panjang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.