Note

AUD/USD Merosot ke 0,6750 di Tengah Kekhawatiran Beragam atas Covid di Tiongkok, Sentimen Konsumen Australia

· Views 38
  • AUD/USD bertahan di posisi yang lebih rendah dalam perjalanan untuk membalikkan kenaikan hari sebelumnya.
  • Sentimen pasar memburuk di tengah harapan rasa sakit Covid, indeks konsumen Australia yang suram menambah kekuatan pada bias bearish.
  • Suntikan besar uang tunai di Tiongkok, imbal hasil obligasi pemerintah AS yang suram menempatkan terendah di bawah harga.

AUD/USD mengonfirmasi status barometer risikonya sementara melemah ke 0,6765 selama awal hari Jumat, setelah mengalami kenaikan tertinggi dalam sepekan pada hari sebelumnya.

Kelemahan terbaru pasangan AUD ini dapat dikaitkan dengan surutnya optimisme di tengah sejumlah tajuk utama suram seputar Tiongkok. Yang semakin memperkuat bias bearish bisa jadi adalah pembaruan terkait sentimen Konsumen Australia. Namun, imbal hasil obligasi pemerintah AS yang suram dan tindakan People's Bank of China (PBOC) tampaknya menantang para penjual pasangan mata uang tersebut akhir-akhir ini.

Meskipun Australia belum bergabung dengan liga tujuh negara yang mengumumkan persyaratan pengujian Covid bagi para wisatawan dari Tiongkok, beberapa perbincangan baru-baru ini meningkatkan kekhawatiran bahwa kondisi COVID-19 di negara naga tersebut lebih buruk daripada yang terlihat. Sementara yang juga menyoroti hal tersebut, perusahaan data kesehatan yang berbasis di Inggris, Airfinity, mengatakan pada hari Kamis bahwa sekitar 9.000 orang di Tiongkok mungkin meninggal setiap hari karena COVID-19, dua kali lipat dari jumlah yang diprakirakan pada hari sebelumnya dan lebih tinggi dari angka resmi yang disampaikan oleh Tiongkok.

Di tempat lain, Reuters melaporkan bahwa indeks konsumen Australia berada di jalur untuk turun 7,4% pada tahun 2022, membukukan tahun terburuknya sejak 2014.

Sebelumnya, data AS yang beragam dan meredanya kekhawatiran terhadap virus Korona, serta harapan untuk mengatasi krisis Ukraina, tampaknya telah membebani Dolar AS dan membantu pasangan AUD/USD tetap menguat.

Meskipun demikian, Klaim Tunjangan Pengangguran Awal AS naik 225 ribu versus 216 ribu sebelumnya untuk pekan yang berakhir pada tanggal 24 Desember, sementara Klaim Tunjangan Pengangguran Lanjutan meningkat 1,71 juta dari 1,669 juta pembacaan sebelumnya selama pekan yang berakhir pada tanggal 16 Desember. Namun, rata-rata pergerakan 4-minggu untuk Klaim Tunjangan Pengangguran turun menjadi 221 Ribu versus pembacaan sebelumnya yang direvisi turun sebesar 221,25 Ribu.

Di sisi lain, penolakan Italia terhadap kekhawatiran atas varian baru Covid, setelah menemukan 50% penumpang penerbangan tertular virus, tampaknya telah membantu pasar dalam mengabaikan ketakutan akan virus. Pada baris yang sama bisa jadi beberapa tajuk utama yang menunjukkan penemuan pil antivirus Covid di Tiongkok dan harapan dewan CDC untuk mengatasi ketakutan COVID-19 dengan mengutip puncak penyebaran virus di Beijing, Tianjin dan Chengdu. Selain itu, tidak adanya korban jiwa dan kerusakan infrastruktur selama penembakan rudal yang bertubi-tubi pada hari Kamis di Kyiv dan Kharkiv oleh Moskow bergabung dengan dukungan global ke Ukraina yang menyarankan agar masalah pelik segera diakhiri dan menahan para pedagang yang pesimis.

Dengan latar belakang ini, imbal hasil obligasi 10-tahun pemerintah AS melanjutkan pullback hari sebelumnya dari level tertinggi enam minggu sementara Kontrak Berjangka S&P 500 mencetak pelemahan tipis meskipun penutupan positif Wall Street.

Mengingat pergeseran sentimen pasar, pasangan AUD/USD dapat menyaksikan penurunan lebih lanjut dan karenanya menyoroti beberapa katalis risiko yang disebutkan di atas. Yang juga penting untuk diperhatikan adalah Indeks Manajer Pembelian Chicago AS untuk bulan Desember, kemungkinan akan meningkat ke 41,2 dari 37,2 sebelumnya.

Analisis Teknis

Penembusan yang sukses dari DMA 21, di sekitar 0,6740 pada saat berita ini ditulis, membuat para pembeli AUD/USD mengarah ke level tertinggi bulanan di 0,6893.

Level-Level Teknis AUD/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 0.6766
Perubahan harian hari ini -0.0013
Perubahan harian hari ini % -0.19
Pembukaan harian hari ini 0.6779
 
Tren
SMA 20 Harian 0.6738
SMA 50 Harian 0.6637
SMA 100 Harian 0.6645
SMA 200 Harian 0.6867
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 0.6788
Rendah Harian Sebelumnya 0.671
Tinggi Mingguan Sebelumnya 0.6767
Rendah Mingguan Sebelumnya 0.6629
Tinggi Bulanan Sebelumnya 0.6801
Rendah Bulanan Sebelumnya 0.6272
Fibonacci Harian 38,2% 0.6758
Fibonacci Harian 61,8% 0.674
Pivot Point Harian S1 0.673
Pivot Point Harian S2 0.6682
Pivot Point Harian S3 0.6653
Pivot Point Harian R1 0.6807
Pivot Point Harian R2 0.6836
Pivot Point Harian R3 0.6884

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.