Note

Kaji Single Stock Future, BEI Siapkan Luncurkan di Triwulan I-2023

· Views 49
Kaji Single Stock Future, BEI Siapkan Luncurkan di Triwulan I-2023
Kaji Single Stock Future, BEI Siapkan Luncurkan di Triwulan I-2023

IDXChannel - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mengkaji penerbitan produk derivatif berupa single stock future atau kontrak berjangka saham.

Langkah tersebut mulai dilirik seiring dengan pertumbuhan investasi produk derivatif di industri pasar modal nasional yang dinilai masih relatif rendah.

Baca Juga:
Aturan Baru BEI, Investor Kini Bisa Withdraw di Pre Opening dan Pre Closing

Sehingga, dengan adanya produk derivatif baru ini diharapkan dapat menjadi pemicu awal bertumbuhnya aktivitas investasi produk derivatif ke depan. Jika tak ada aral melintang, produk tersebut rencananya bakal diluncurkan pada triwulan I-2023 mendatang.

"Ada single stock futures yang akan kami luncurkan di triwulan I tahun depan," ujar Direktur Utama BEI, Iman Rachman, dalam Konferensi Pers Akhir Tahun, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga:
Soal Perubahan Jam Perdagangan dan Ketentuan Auto Rejection, Begini Penjelasan BEI

Selain menggeliatkan pasar produk derivatif, menurut Iman, adanya produk kontrak berjangka saham diharapkan juga menjadi alternatif lain bagi pelaku pasar yang berinvestasi di pasar modal nasional.

Sebagai informasi, kontrak berjangka (futures) merupakan salah satu produk derivatif berbentuk kontrak yang memiliki sebuah underlying asset.

Baca Juga:
BEI Ungkap Empat Syarat Buka Suspensi Saham Waskita Beton (WSBP)

Nantinya, investor pemegang kontrak memiliki kewajiban untuk membeli atau menjual sejumlah underlying tersebut pada harga tertentu, dan dalam waktu tertentu, di masa yang akan datang.

Secara umum, produk derivatif juga bisa diartikan sebagai kontrak finansial antara pihak-pihak yang bersepakat untuk membeli atau menjual aset berupa komoditas tertentu yang dijadikan sebagai obyek yang diperdagangkan pada harga dan waktu tertentu.

Salah satu yang perlu dipertimbangkan oleh investor dalam mengoleksi produk derivatif, diantaranya, adalah kinerja instrumen aset yang dijadikan underlying tersebut di spot market. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.