Note

Saham Perbankan Anjlok Terbebani Isu Resesi AS

· Views 20
Saham Bank of America (BAC.N) telah jatuh sebesar 16 persen sepanjang Desember 2022 dipicu isu resesi AS. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Saham perbankan anjlok akibat terbebani isu resesi di Amerika Serikat (AS). Tekanan yang dialami saham  perbankan di Bursa Wall Street sepanjang Desember 2022 bahkan melampaui penurunan indeks S&P 500.

Indeks bank S&P 500 (SPXBK) mencatatkan penurunan 11 persen bulan ini dibandingkan penurunan indeks utama S&P 500 (SPX) sebesar 5,5 persen pada periode yang sama. 

Saham perusahaan bank yang paling terpukul adalah Bank of America (BAC.N), yang telah jatuh 16 persen sepanjang Desember 2022. Wells Fargo & Co (WFC.N merosot sekitar 14 persen, dan saham JPMorgan Chase & Co (JPM.N) turun lebih dari 6 persen.

Analis menilai pesimisme terhadap ekonomi global telah mempengaruhi harga aset dalam beberapa pekan terakhir, karena investor semakin khawatir pengetatan kebijakan moneter Federal Reserve yang paling agresif dalam 40 tahun, yang bertujuan untuk mengurangi inflasi berpotensi menghambat pertumbuhan.

"Saham-saham bank tidak berjalan dengan baik karena terbebani isu resesi, dan semakin banyak investor khawatir adanya hard landing," kata Matt Maley, kepala strategi pasar di Miller Tabak, dilansir Reuters, Minggu (18/12/2022).

Margin keuntungan perusahaan merupakan fokus utama bagi investor di pasar modal. Suku bunga yang tinggi dikhawatirkan dapat memberi dampak signifikan terhadap rasio net interest margin atau margin bunga bersih bank-bank besar di AS.

"Kita melihat ada peningkatan kerugian kredit menyusul proyeksi perlambatan ekonomi di 2023," kata Analis RBC Capital Markets, Gerad Cassidy.

Di tengah koreksi saham-saham bank, beberapa analis lain melihat kondisi tersebut akan memikat investor untuk masuk kembali saat harganya terdiskon. "Tentu bagi investor yang masih yakin ekonomi akan tetap stabil," tutur Gerard.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.