Note

Menko Luhut Tidak Masalah KCIC Minta Konsesi KCJB Jadi 80 Tahun

· Views 59
Pasardana.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta penambahan masa konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjadi 80 tahun dari sebelumnya 50 tahun. Menanggapi soal tersebut,
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan tidak ada masalah.

"Tidak ada masalah soal itu, kan belum final. Mau 50 tahun, 80 tahun apa bedanya? Yang penting kan jalan (proyek KCJB)," ujar Luhut, dikutip Rabu, (14/12).

Diketahui, dengan adanya usulan penambahan konsesi itu, maka pengelolaan kereta cepat akan dikelola oleh pihak swasta selama 80 tahun sebelum dikelola oleh pemerintah. Usulan penambahan konsesi KCJB itu dilatarbelakangi untuk menutup pembengkakan biaya proyek atau cost overrun sebesar USD1,45 miliar.

Luhut berharap masalah tersebut akan diselesaikan pemerintah dalam waktu tidak lama. Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan beroperasi pada pertengahan tahun depan.

"Kita harapkan masalah ini selesai dalam beberapa waktu ke depan. Tidak ada yang bikin alot, ini masalah teknis saja," ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal menjelaskan, berdasarkan perjanjian konsesi sebelumnya Nomor HK.201/1/21/ Phb 2016 juga Amandemen dan Pernyataan kembali perjanjian konsesi/kerja sama Nomor PJ 22 Tahun 2017, nilai investasi yang dibiayai oleh KCIC adalah USD5,99 miliar dengan masa konsesi mencapai 50 tahun sejak tanggal izin operasi prasarana dan sarana perkeretaapian.
 
"Butuh penyesuaian masa konsesi menjadi 80 tahun," kata Risal dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI, Kamis, (8/12) lalu.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.