Note

6 Pulau di Indonesia yang Pernah Dijual di Situs Asing, Nomor 1 Ditawarkan Ratusan Miliar

· Views 88
Pulau Ayam di Kabupaten Anambas, salah satu pulau di Indonesia yang pernah dijual di situs asing. (Foto: Humas Pemkab Anambas.)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa pulau di Indonesia yang pernah dijual di situs asing. Terbaru yang bikin heboh adalah Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara yang dilelang di situs Sotheby's oleh PT Leadership Island Indonesia (LII).  

Namun LII membantah soal penjualan pulau tersebut. Communication Director LII Okki Soebagio meluruskan kabar tersebut. Menurutnya, Sotheby's hanya membantu LII untuk menemukan investor potensial sebagai mitra LII dalam pengembangan Kepulauan Widi. 

"Kami sampaikan bahwa Sotheby’s Auction Concierge dan LII sama sekali tidak bermaksud untuk menjual Pulau Widi, dan bahwa Sotheby’s Auction Concierge dan LII memahami secara penuh bahwa pulau-pulau di Indonesia adalah milik negara dan karenanya kepulauan tidak dapat dimiliki oleh individu atau perusahaan swasta mana pun," ujarnya. 

Ternyata bukan hanya Kepulauan Widi saja yang pernah dilelang di situs asing, ada beberapa pulau lain. Berikut daftar pulau di Indonesia yang pernah dijual di situs asing, dikutip dari sejumlah sumber:

1. Pulau Punggu

Pulau Punggu terletak tidak jauh dari Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau seluas 117 hektare (ha) ini diiklankan di situs skyproperty.org  pada 2015 lalu, dengan harga 11 juta dolar AS atau dengan kurs saat itu sekitar Rp13.700, maka jika dikonversi mencapai Rp150,7 miliar.

2. Tiga Pulau di Mentawai

Setidaknya terdapat 3 pulau di Kepulauan Mentawai yang juga dikabarkan pernah dijual di situs privateislandsonline.com pada 2015 lalu. Adapun tiga pulau tersebut, yakni Pulau Makaroni, Pulau Siloinak, dan Pulau Kandui.

Pulau Makaroni seluas 14 ha ditawarkan senilai 4 juta dolar AS, Pulau Siloinak dengan luas 24 ha ditawarkan dengan harga 1,6 juta dolar AS, sedangkan Pulau Kandui seluas 26 ha 8 juta dolar AS.

3. Pulau Gambar

Masih di situs privateislandsonline.com, Pulau Gambar di Laut Jawa ditawarkan pada September 2012 lalu. Harga pulau seluas 2,2 ha itu dibanderol 725.000 dolar AS. 

4. Pulau Nanggu 

Selain Pulau Gambar, pulau lain yang diiklankan di situs privateislandsonline.com pada 2012 lalu adalah Pulau Nanggu. Pulau seluas 4,99 ha, yang terletak di pesisir timur Pulau Lombok, NTB ini ditawarkan dengan harga Rp9,9 miliar. 

5. Pulau Ajab 

Pulau yang terletak di Bintan, Kepulauan Riau ini juga pernah ditawarkan di platform yang sama pada 2018. Pulau tersebut ditawarkan dengan harga 3,3 juta dolar AS.

6. Pulau Ayam

Pulau ayam di Kabuapaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau juga pernah ditawarkan di privateislandsonline.com. Harga pulau seluas 295 ha tidak ditetapkan tapi berdasarkan upon request atau berdasarkan permintaan atau penawaran.

Itulah daftar pulau di Indonesia yang dikabarkan pernah dijual. Semoga memberi informasi untuk Anda. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.