Note

Fenomena Quarter Life Crisis: Penyebab, Ciri, dan Cara Mengatasinya

· Views 30


KOMPAS.com – Quarter life crisis adalah istilah yang kerap muncul dalam pembahasan terkait fase-fase kehidupan, baik dalam urusan pribadi maupun pekerjaan.

Fenomena quarter life crisis juga kerap menjadi perhatian para milenial saat ini, atau orang yang memasuki usia 20-an dan awal 30-an.

Lantas, apa itu quarter life crisis? Seperti apa ciri-ciri quarter life crisis? Untuk lebih memahaminya, penjelasan mengenai penyebab quarter life crisis penting diketahui.

Baca juga: Generasi Sandwich Itu Apa? Pahami Arti dan Dampak Generasi Sandwich

Artikel ini akan memberikan sejumlah ulasan mengenai hal tersebut, lengkap dengan cara mengatasi quarter life crisis.

Pengertian quarter life crisis

Dilansir Bradley University, seringkali, usia 20-an dan awal 30-an dianggap sebagai waktu terbaik dalam hidup seseorang.

Individu dalam rentang usia ini umumnya dalam keadaan sehat, memiliki tanggung jawab minimal dan mampu mengeksplorasi peluang dan mengambil peluang baik dalam kehidupan profesional maupun pribadinya.

Namun di sisi lain, semakin jelas juga bahwa orang dewasa muda tidak lepas dari tekanan yang datang di kemudian hari. Hal ini bisa jadi penyebab quarter life crisis.

Nyatanya, banyak orang dalam tahap kehidupan ini mengalami periode ketidakpastian dan kecemasan di mana mereka mempertanyakan tujuan, rencana, dan bahkan hubungan mereka.

Baca juga: Menikah dengan Generasi Sandwich? Ini Cara Memutus Rantai Generasi Sandwich

Itulah yang disebut sebagai fenomena quarter life crisis. Secara sederhana, dalam Bahasa Indonesia quarter life crisis artinya krisis seperempat kehidupan.

Ringkasnya, quarter life crisis adalah periode ketidakpastian dan penuh pertanyaan yang biasanya terjadi ketika orang merasa terjebak, tidak terinspirasi, dan kecewa selama usia pertengahan 20-an hingga awal 30-an.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.