Note

PUPR Siapkan Lahan 2,5 Hektare Untuk Bangun Rumah Warga Korban Gempa Cianjur

· Views 32

Pasardana.id - Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun rumah bagi korban gempa Cianjur yang telah direlokasi.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan, saat ini pihaknya sudah mulai bergerak untuk merelokasi rumah warga yang mengalami rusak berat akibat gempa tersebut.

Menurutnya, saat ini sudah tersedia lahan kurang lebih 2,5 hektare untuk membangun rumah yang harus di relokasi dari zona rawan gempa.

"Tahap pertama, relokasi lahannya ada 2,5 hektare, sekarang sudah land clearing, dan segera akan kami bangun," ujar Basuki dalam konferensi pers bersama Menko PMK, Kamis (1/12).

Basuki menambahkan, pada pembangunan tahap pertama, pihaknya akan membangun sekitar 200 rumah terlebih dahulu menggunakan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang disebut tahan gempa.  

"Tahap pertama ada 200 rumah, tipe 36, dengan luas lahan 90 meter persegi, untuk setiap KK yang direlokasi," ucapnya.

Selain membangun rumah, Basuki menyebut, pihaknya akan segera memulai rehabilitasi untuk untuk pembangunan fasilitas umum yang rusak akibat gempa

"Mudah-mudahan Minggu depan mulai bergerak untuk diperbaiki," ucapnya.

Adapun proses relokasi diproyeksi berjalan panjang.

Sebab, menurut data, rumah rusak berat mencapai 27.000 unit ditambah pembangunan fasilitas umum yang rusak.

"Kalau di Semeru 1.900 rumah empat bulan selesai, ini lebih dari 27.000 rumah. Jadi tidak singkat ini, karena jumlah banyak dan lokasi di pegunungan dan konektivitas cukup sulit. Akan kita kerjakan secepatnya," tuturnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.