Note

EUR/USD Terlihat Menguat dan Naik ke Puncak 6-Bulan di Atas 1,0500

· Views 69
  • EUR/USD mengumpulkan kekuatan ekstra dan melampaui 1,0500.
  • Dolar tetap dalam penawaran jual dan diperdagangkan di terendah multi-minggu.
  • Yang selanjutnya adalah Manufaktur ISM AS.

EUR/USD melanjutkan momentum ke atas ke puncak baru multi-bulan di atas penghalang 1,0500 pada hari Kamis.

EUR/USD sekarang menanti ISM AS

EUR/USD terlihat kuat dan melanjutkan penembusan SMA 200-hari utama serta garis resistance 10-bulan baru-baru ini, sekaligus membuka kemungkinan kelanjutan tren naik, setidaknya dalam waktu dekat.

Pembaruan tekanan jual pada greenback memberikan dorongan lebih lanjut untuk pulih sejauh ini, semua setelah Ketua Powell memperkuat gagasan bahwa The Fed dapat memperlambat laju kenaikan suku bunga yang akan datang dalam beberapa bulan ke depan dalam pidatonya pada hari Rabu.

Menyusul pernyataan di atas, kemungkinan kenaikan suku bunga setengah poin pada pertemuan The Fed 14 Desember sekarang hampir 80% menurut FedWatch Tool CME Group.

Sebelumnya di kawasan euro, Penjualan Ritel Jerman turun 2,8% MoM di Oktober dan 5,0% selama dua belas bulan terakhir, sedangkan IMP Manufaktur final naik ke 46,2 di November (dari 45,1). Di kawasan Euro yang lebih luas, Tingkat Pengangguran membaik ke 6,5% di Oktober, sedangkan IMP Manufaktur final juga naik ke 47,1 (dari 46,4).

Di AS, PCE utama naik 6,0% YoY di Oktober dan 5,0% untuk PCE Inti. Selain itu, Klaim mingguan naik 225 ribu dalam pekan hingga 26 November dan Pendapatan Pribadi dan Belanja Pribadi naik masing-masing 0,7% dan 0,8% bulanan, di Oktober.

Di sesi ini, Manufaktur ISM AS diperkirakan akan menarik semua perhatian menjelang pidato Logan, Bowman, dan Barr dari The Fed.

Apa yang harus diamati di sekitar EUR

EUR/USD memperbarui bias ke atas pada hari Kamis sebagai tanggapan atas kelanjutan bias ke bawah dalam dolar.

Sementara itu, mata uang Eropa diperkirakan akan mengikuti dinamika dolar, dampak krisis energi di kawasan dan divergensi The Fed-ECB. Selain itu, penilaian ulang pasar terhadap potensi pergeseran dalam kebijakan The Fed tetap menjadi sumber eksklusif aksi harga pasangan EUR/USD untuk saat ini.

Kembali ke kawasan euro, meningkatnya spekulasi potensi resesi di blok tersebut muncul sebagai penghambat domestik penting yang dihadapi euro dalam jangka pendek.

Peristiwa penting di kawasan euro minggu ini: Penjualan Ritel Jerman, Rapat Dewan Umum ECB, IMP Manufaktur Final Jerman/UME, Tingkat Pengangguran UME (Kamis) – Presiden ECB Lagarde, Neraca Perdagangan Jerman (Jumat).

Masalah utama yang memengaruhi: Kelanjutan siklus kenaikan suku bunga ECB versus meningkatnya risiko resesi. Dampak perang di Ukraina dan persistennya krisis energi pada prospek pertumbuhan dan prospek inflasi kawasan. Risiko inflasi menjadi mengakar.

Level-level EURUSD yang harus diperhatikan

Sejauh ini, pasangan EUR/USD naik 0,95% di 1,0505 dan menghadapi penghalang berikutnya di 1,0513 (tertinggi mingguan 1 Desember) di depan 1,0614 (tertinggi mingguan 27 Juni) dan 1,0773 (tertinggi bulanan 9 Juni). Di sisi lain, penembusan 1,0330 (terendah mingguan 28 November) akan menargetkan 1,0222 (terendah mingguan 21 November) kemudian 1,0042 (SMA 100-hari).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.