Note

Sandiaga Uno: Asia Local and Regional Government Congress Momen Bangkitkan Parekraf Pascapandemi

· Views 26
Menparekraf Sandiaga Uno sebut Asia Local and Regional Government Congress momen penting bangkitkan parekraf pascapandemi. Foto: Kemenparekraf

BANDUNG, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan "11th Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC)". Kongres tersebut momen untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pascapandemi Covid-19. 

Dalam gelaran EALRGC, salah satunya membahas strategi dan upaya bersama atau kolaborasi mengembangkan sektor parekraf pascapandemi dalam upaya mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. Dia mengatakan, kongres ini merupakan momen penting untuk membangkitkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, sekaligus menjadi sumber inspirasi guna menghadirkan kebijakan yang tepat sasaran, dan tepat waktu, serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang salah satunya ditopang melalui sektor parekraf. 

"Isu utama dalam kebangkitan pascapandemi yang juga baru saja disetujui di Bali saat G20 adalah isu-isu yang berkaitan dengan digitalisasi, kesehatan, dan juga transformasi energi hijau. Tentu ini akan sangat menarik untuk dibahas dalam level (pemerintah) regional dan lokal," kata dia saat hadir di acara Welcoming Dinner EALRGC 2022 di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022) malam.  

East Asia Local and Regional Government Congress beranggotakan 75 kepala daerah dari 7 negara di Asia Timur, seperti Jepang, China, Korea Selatan, Malaysia, Vietnam, dan Filipina. Di EALRGC ke-11 yang berlangsung pada 23-24 November 2022 di Trans Luxury Hotel, Bandung, ini diikuti 92 delegasi dan 8 observer. 

Menparekraf sandiaga menjelaskan, industri pariwisata Indonesia saat ini sedang bergerak naik meski jumlahnya masih di bawah 20 persen dari prapandemi. Per September 2022, total kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang 2022 sebanyak 2,4 juta pengunjung dengan lima negara teratas penyumbang wisman ke Indonesia, yakni Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Inggris. 

"Kami sangat yakin dengan kekayaan alam dan budaya, termasuk di Jawa Barat dengan kekayaan produk kreatif lokalnya, jumlah ini (kunjungan wisman) akan terus meningkat hingga akhir tahun," ujarnya. 

Efektivitas kebijakan publik di bidang parekraf dalam meningkatkan perekonomian nasional sangat penting. Untuk itu, Kemenparekraf membuat tiga strategi, yakni Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (gali semua potensi lapangan kerja). 

"Kita perlu berinovasi, kita perlu beradaptasi, dan kita perlu berkolaborasi. Saya berharap kongres ini akan menghasilkan solusi, sehingga kita dapat menghidupkan kembali ekonomi pascapandemi dan penciptaan lapangan kerja," ucap Sandiaga. 

“Kita akan fokus agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bangkit dan menciptakan lapangan kerja baru yang tahun ini ditargetkan dapat menciptakan 1,1 juta lapangan kerja, dan 4,4 juta lapangan kerja baru berkualitas di tahun 2024," imbuh dia. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, selain pembahasan tentang pariwisata dan promosi pariwisata, kongres ini juga menjadi ajang pertukaran informasi masalah ekonomi, sosial, dan industri. 

"Kita akan membahas kerja sama pascaCovid-19. Para kepala daerah di Asia Timur ini ingin mencari sebuah upaya-upaya yang bisa menyatukan kita dalam satu kerja sama," kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu. 

Sejatinya EALGRC ke-11 berlangsung pada 2020, namun harus ditunda karena pandemi Covid-19. Pada penyelenggaraan di Bandung kali ini pun berbarengan dengan kejadian bencana gempa bumi di Cianjur. Sebagai tanda rasa duka dan simpati yang mendalam, para delegasi mengenakan pita hitam di lengan kiri mereka 

"Terima kasih semua delegasi menyampaikan rasa dukacita, bahkan delegasi Jepang mengumpulkan bantuan secara spontan untuk warga Cianjur karena mereka sangat merasakan masalah kemanusiaan ini. Mudah-mudahan rasa simpati itu menyertai semangat untuk saling berbagi, berbagi ilmu, berbagi pengetahuan, resources, untuk menyelamatkan peradaban manusia menjadi lebih selamat lebih makmur," tuturnya. 

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga dalam kesempatan tersebut, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Raden Wisnu Sindhutrisno.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.