Note

Mengenal Nama Mata Uang Thailand dan Sejarahnya

· Views 25


KOMPAS.com – Nama mata uang Thailand adalah Baht Thailand atau Thai Baht. Seperti apa gambar mata uang Thailand?

Terkait hal ini, urutan mata uang Thailand berdasarkan denominasi dari yang terkecil hingga terbesar perlu diperhatikan.

Nilai tukar mata uang Thailand ke Rupiah juga tergantung pada perhitungan denominasi yang digunakan.

Baca juga: Lengkap, Ini Daftar Nama Mata Uang Negara ASEAN

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai mata uang negara Thailand yang dikenal dengan Bath Thailand atau Thai Baht.

Sejarah mata uang Thailand

Dalam dunia internasional, singkatan untuk nama mata uang Thailand adalah THB. Gambar mata uang Thailand yang berlaku saat ini berbeda dengan di masa lampau.

Dikutip dari Investopedia pada Selasa (15/11/2020), Baht Thailand (THB) telah digunakan untuk menyebut uang di Thailand selama berabad-abad.

Namun, inkarnasi mata uang modern muncul pada awal abad ke-20, setelah reformasi Chulalongkorn. Chulalongkorn juga dikenal sebagai Raja Rama V dan memerintah dari tahun 1868 hingga 1910.

Baca juga: Yen adalah Mata Uang Negara Jepang, Begini Sejarahnya

Raja Rama V memperkenalkan desimalisasi Baht Thailand, yang pada saat itu dikenal sebagai Thai Tical oleh orang Barat.

Kini, Bank sentral Thailand yakni Bank of Thailand, mengelola mata uang dan menerbitkannya dalam sejumlah denominasi atau urutan mata uang Thailand dari pecahan terkecil hingga terbesar. Nama mata uang Thailand tetap Bath Thailand.

Pangeran Wiwat pertama kali memimpin Bank of Thailand, yang didirikan di Bangkok pada tahun 1942. Pangeran Wiwat mengenyam pendidikan barat di bidang keuangan dari Universitas Cambridge dan Ecole des Sciences Politiques di Paris.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.