Note

Kekayaan 100 Terkaya China Hilang Rp 8.938,8 Triliun dalam Setahun

· Views 13

JAKARTA, KOMPAS.com - Total kekayaan 100 orang terkaya China turun signifikan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Kekayaan sebagian besar konglomerat China tergerus, imbas dari berbagai sentimen ekonomi.

Dilansir dari Forbes, total kekayaan 100 orang terkaya Negeri Tirai Bambu pada 2022 sebesar 907,1 miliar dollar AS atau setara Rp 14.149,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.600 per dollar AS).

Nilai ini turun 573 miliar dollar AS, setara Rp 8.938,8 triliun, atau 39 persen dari tahun lalu sebesar 1,48 triliun dollar AS, setara Rp 23.088 triliun.

"Ini menandakan penurunan kekayaan paling besar semenjak Forbes mulai menghitung kekayaan negara dari lebih dua dekade lalu," tulis Forbes, dikutip Jumat (11/11/2022).

Baca juga: Salah Satu Pabriknya Kebakaran di Kediri, Siapa Pemilik Bisnis Rokok Gudang Garam?

Forbes mencatat, dari 100 nama orang terkaya China, 79 di antaranya mengalami penurunan kekayaan, 12 orang kembali masuk ke dalam daftar, 4 orang telah membagi dua kekeayaannya, 3 orang merupakan pendatang baru, dan hanya 2 orang yang kekayaannya bertambah.

Hilangnya kekayaan taipan China tidak terlepas dari kebijakan zero-Covid, yang kemudian berimbas kepada perlambatan pergerakan ekonomi. Nilai tukar yuan China juga telah terdepresiasi lebih dari 12 persen terhadap dollar AS dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Baca juga: Daftar 7 Orang Terkaya di Dunia 2022, Hartanya Capai Ribuan Triliun

 


Beragam sentimen dari dalam negeri juga turut menekan kinerja bursa saham China. Tercatat indeks Hang Seng Hong Kong sudah anjok lebih dari 41 persen sejak tahun lalu.

Forbes Editor China's 100 Richest List, Russell Flannery, mengatakan, setahun terakhir menjadi kondisi yang paling sulit bagi China dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Ini terefleksikan dari anjloknya kekayaan mayoritas taipan Beijing.

"Di sisi lain, daftar ini menyoroti daya tahan sejumlah pengusaha China yang terkait dengan industri teknologi hijau seperti kendaraan listrik dan energi matahari," katanya.

Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2022 Versi Forbes

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.