Note

Pasar Kreator Diproyeksi Tumbuh 15 Persen per Tahun, TipTip Target Raih 150.000 Pengguna Pada 2023

· Views 17

JAKARTA, KOMPAS.com - TipTip salah satu aplikasi one-stop solution bagi pembuat konten, melihat potensi pasar kreator sangat besar di wilayah Asia Tenggara.

TipTip mencatatkan, jumlah kreator di Indonesia sendiri diperkirakan akan terus bertumbuh sebanyak 15 persen per tahunnya hingga 2027.

Pendiri dan CEO TipTip Albert Lucius mengatakan, melihat potensi tersebut pihaknya menargetkan dapat meraih 150.000 pengguna dan 15.000 kreator, serta memperluas cakupan hingga tingkat nasional hingga kuartal II-2023.

“TipTip percaya potensi ekonomi kreator bisa berkontribusi positif pada industri kreatif sekaligus perekonomian Indonesia secara keseluruhan, terutama melalui sebuah ekosistem ekonomi kreator yang terus berkembang. Keyakinan ini tentu mendorong TipTip memperkuat posisi untuk mewujudkan potensi tersebut,” kata Albert Lucius dalam siaran resminya, Senin (7/11/2022).

Baca juga: Erick Thohir: Indonesia Jangan Sampai Hanya Jadi Konsumen dari Kreator atau Konten Asing

Lebih lanjut Albert memaparkan, hingga Oktober 2022 kemarin, TipTip mencetak pertumbuhan positif dengan volume pendapatan meningkat hingga 9 kali serta jumlah pengguna yang bertambah 4 kali lebih banyak dari sejak resmi diluncurkan bulan Juli lalu.

Pertumbuhan ini merupakan hasil dari rangkaian kegiatan Hyperlocal TipTip di 8 kota di Indonesia, termasuk Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Bali.

Kunjungan TipTip telah menerima sambutan positif dari komunitas setempat dan berhasil merangkul lebih banyak masyarakat bergabung ke dalam ekosistem kreator TipTip.

“TipTip berkomitmen ingin membawa semangat pemberdayaan baru dengan menyediakan wadah yang bisa menjawab tantangan kreator akan kendala monetisasi yang belum banyak diangkat oleh private sectors lainnya. Tidak hanya membebaskan kreator dari tuntutan algoritma dan kompleksitas platform, kami berharap kreator Indonesia bisa bebas membuat konten yang bagus dengan TipTip membantu monetisasinya," kata Albert.

Baca juga: 4 Jurus Jitu Kreator Hasilkan Cuan Saat TikTok Shop 9.9 Big Sale

 


TipTip juga akan meningkatkan beberapa fitur pengalaman yang semakin memudahkan komunitas TipTip memonetisasi passion mereka.

Kreator bisa menjual Digital Konten atau membuat Live Session yang dilengkapi dengan fitur tipping bagi suporter di setiap sesinya.

Tidak hanya bagi para pembuat konten, fitur promotor TipTip juga memberikan akses ke semua orang untuk bisa mempromosikan digital konten kreator manapun dan mendapatkan penghasilan darinya.

Baca juga: Beri Inspirasi Peserta BincangShopee 7.7 Mega Elektronik, MGDalenaf Ceritakan Awal Perjalanan Jadi Konten Kreator

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.