Moskow (ANTARA) - Rubel menguat pada awal perdagangan Senin, terlambat menanggapi pelemahan dolar Jumat (4/11/2022), ketika menjauh dari titik terendah sejak pertengahan September yang terpukul sebelum pasar Rusia ditutup untuk libur akhir pekan tiga hari.

Pada pukul 07.41 GMT, rubel menguat 0,9 persen terhadap dolar menjadi diperdagangkan pada 61,53, dan telah naik 0,1 persen untuk diperdagangkan pada 60,95 terhadap euro. Rubel juga telah merosot 0,6 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan di 8,45.

Data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan membuat dolar jatuh pada Jumat (4/11/2022), ketika pasar Rusia ditutup. Dinamika rubel positif pada Senin pagi adalah reaksi terhadap itu, kata kepala analis Banki.ru Bogdan Zvarich dalam sebuah catatan.

Dia mengatakan rubel kemungkinan akan berkonsolidasi di kisaran 61,5-62 untuk sebagian besar sesi.

Baca juga: Rubel Rusia melemah seiring berlalunya dukungan pajak akhir bulan

Rubel adalah mata uang dengan kinerja terbaik di dunia tahun ini, didukung oleh kontrol modal dan penurunan impor awal sebagai akibat sanksi Barat terhadap Rusia atas tindakannya di Ukraina, dan sejumlah perusahaan asing menghentikan operasi di negara itu.

Kisaran di mana perdagangan rubel pada November dapat melebar karena impor dapat pulih lebih lanjut, tetapi harga ekspor Rusia yang tinggi menjanjikan arus masuk mata uang asing yang cukup besar, kata Otkritie Research.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, yang mencapai level tertinggi lebih dari dua bulan di sesi sebelumnya, turun 1,3 persen menjadi diperdagangkan pada 97,3 dolar AS per barel.

"Pasar Rusia ditetapkan untuk pembukaan netral, meskipun minyak mentah memiliki setiap peluang untuk mendorong pasar lebih tinggi," kata BCS Global Markets dalam sebuah catatan.

Saham Rusia juga dibuka lebih tinggi, kembali ke level tertinggi sekitar enam minggu yang terlihat minggu lalu. Indeks RTS berdenominasi dolar naik 1,8 persen menjadi diperdagangkan di 1.114,0 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel turun 0,9 persen menjadi diperdagangkan di 2.176,2 poin.

Baca juga: Rubel Rusia merosot lewati 62 terhadap dolar ke terendah 2-minggu
Baca juga: Rubel bergerak melemah, saham Rusia mundur dari tertinggi 5-minggu


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022