Note

Tips Memilih Set Top Box, Apa Bedanya yang Murah dan Mahal?

· Views 26
Tips Memilih Set Top Box, Apa Bedanya yang Murah dan Mahal?
Ilustrasi Set Top Box (Pixabay)

Suara.com - Peralihan siaran TV analog menjadi televisi digital memerlukan perangkat tambahan Set Top Box atau STB apabila televisi yang digunakan belum bisa menerima siaran digital.

Di pasaran, ada banyak pilihan STB dengan rentang harga yang cukup besar, mulai dari Rp150 ribuan hingga Rp700 ribuan. Secara kegunaan, STB murah maupun mahal sama-sama bisa menangkap siaran televisi digital. Yang membedakan adalah tambahan fitur yang disematkan ke dalam STB tersebut, misalnya panduan jadwal program siaran (EPG), pencari saluran TV otomatis, perekam acara TV, hingga penggeser waktu siaran (time shift).

Lalu, bagaimana cara memilih set top box yang sesuai dengan kebutuhan? Berikut tipsnya:

1. Cari yang sudah bersertifikat dari Kominfo

Baca Juga: Migrasi TV Analog ke Digital, Puluhan Ribu Warga Kota Semarang Belum Dapat STB

Sertifikasi memberikan jaminan bahwa STB bisa digunakan dan semua fitur siaran digital bisa berfungsi optimal, terlepas dari harganya murah atau mahal.

2. Cari tanda khusus

Menurut Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal PPI, Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, ketika memilih STB, selalu cari yang ada tulisan DVB-T2 di kemasannya atau cari saja yang ada tulisan Siap Digital. Dan langkah paling mudah dengan melihat kemasan apakah ada tambahan gambar MODI. Disebutnya, jika ada tulisan itu sudah dipastikan aman.

3. Sesuaikan fitur dengan kebutuhan

Seperti telah disebutkan di atas, setiap merek STB mungkin memiliki fitur yang berbeda-beda tergantung harganya. Sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya, kalau memang tak butuh fitur canggih, tak apa-apa, kok, beli yang standar.

Baca Juga: Waspada Modus Penipuan Jual STB Online, Kirim Paket ke Pembeli Isinya 'Kupu-kupu'

4. Baca review

Sebelum membeli STB, ada baiknya kamu mencari tahu mengenai model yang ingin dibeli untuk memahami kelebihan dan kekurangan termasuk fitur-fiturnya. Biasanya, ada banyak review set top box di ecommerce dari para pembeli sebelumnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.